HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Hadapi Islamofobia, Imam New York Ini Berbagi Cara

2

HARIANACEH.co.id — Imam masjid Kota New York asal Indonesia, Shamsi Ali, membagi pengalamannya hidup di Amerika Serikat (AS) dalam kunjungannya ke sekolah Insan Cendekia Madani di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (16/12/2015).

Shamsi menjelaskan akhir-akhir ini fenomena Islamofobia sedang meningkat di Negeri Paman Sam. Namun, situasi sekarang belum seburuk kondisi pasca Serangan 11 September.

“Saya sudah berada di New York sebelum 2001, situasi sekarang masih tidak ada apa-apanya dibanding pasca Serangan 11 September,” sebut Shamsi dalam diskusi Peluang dan Tantangan Islam dalam Dunia Barat yang diselenggarakan sekolah Insan Cendekia Madani.

Shamsi menyebutkan dua faktor yang memicu meningkatnya Islamofobia di AS. Pertama, peristiwa serangan seperti di Paris, Prancis dan San Bernardino, AS. Kedua, momen pemilihan presiden di negeri adidaya itu.

“Sekarang masa kampanye di AS. (Isu Islam) sudah pasti dipergunakan,” lanjutnya.

Imam kelahiran Sulawesi itu menyebutkan kiat untuk menghadapi Islamofobia adalah kesabaran dan rasionalitas.

“Butuh kesabaran dan rasionalitas untuk menghadapi orang Barat” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, Shamsi Ali dan pemimpin Insan Cendekia Madani, Tamsil Linrung juga mendatangani nota kesepahaman pengiriman pelajar ke AS. “Supaya ada Shamsi Ali yang lain,” tukas Tamsil dalam pidato pembukaannya.

loading...