HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Imam New York Perkuat Dialog Antar Agama Tangkal Trump

1

HARIANACEH.co.id — Warga Muslim di Amerika Serikat (AS) tidak tinggal diam dengan serangan-serangan dari Donald Trump. Imam masjid Kota New York asal Indonesia, Shamsi Ali, misalnya memperkuat komunikasi antar komunitas agama di New York untuk menangkal Trump.

Shamsi menyebutkan cara yang paling ampuh untuk menghadapi Trump adalah dengan melakukan pendidikan terus menerus tentang Islam kepada warga Negeri Paman Sam itu. Tidak lupa, imam kelahiran Sulawesi itu meminta dukungan dari tokoh antar agama.

“Yang kedua kita harus membangun komunikasi dengan komunitas yang lain seperti komunitas Nasrani dan komunitas Yahudi. Dan ternyata itu berhasil. Teman-teman Nasrani dan Yahudi membela kita,” sebutnya dalam dialog Peluang dan Tantangan Dakwah Islam di Dunia Barat yang digelar sekolah Insan Cendekia Madani di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (16/12/2015)

Shamsi menjelaskan banyak tokoh AS yang mengecam Trump baik di level lokal maupun nasional.

“Sampai saat ini yang saya tahu ada 10 wali kota di AS yang menolak Trump datang ke wilayahnya. Kecaman juga datang dari Presiden Barack Obama dan Menlu John Kerry,” jelasnya.

Pentingnya komunikasi dengan tokoh agama lain juga dicontohkan Shamsi dalam kasus kartun pembakaran alquran di AS beberapa waktu lalu.

“Kami bertindak. Kami membagikan alquran ke suatu gereja agar bisa dipelajari. Hasilnya, beberapa jemaat di sana bahkan tertarik untuk mendalami Islam,” ucapnya.

loading...