HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Deretan Makanan Tak Boleh Dimakan Secara Bersamaan

5

HARIANACEH.co.id – Ada beberapa makanan tertentu yang kalau disantap secara bersamaan dapat memiliki efek pada sistem pencernaan. Studi membuktikan itu semua. Jika makanan dalam kombinasi yang tepat dapat baik untuk tubuh Anda.

Sementara, apabila kombinasi yang salah bisa membahayakan kesehatan Anda. Ya, oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa makanan berikut yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

1. Daging dan keju

Keduanya kaya akan protein. Dengan demikian, menyantap daging dan keju dapat berbahaya untuk kesehatan hati Anda.

2. Makanan berlemak dengan protein

Jangan pernah makan mentega atau minyak dengan keju atau telur di waktu yang bersamaan. Saat mencerna lemak membutuhkan garam empedu yang disekresikan dari hati dan kandung empedu. Kalau makan lemak dan protein bersamaan akan memblokir sekresi garam empedu sehingga mengganggu proses pencernaan lemak.

3. Minum jus setelah makan

Minum jus setelah makan dapat menghambat pencernaan dan menyebabkan perut kembung dan gas. Sebaiknya Anda minum air saja. Namun, dalam mengonsumsi air juga ada aturannya. Sekitar 10 menit sebelum makan, dan setengah jam setelah makan.

4. Makanan asam dan karbohidrat

Hindari mengonsumsi makanan asam seperti tomat dan lemon dengan makanan bertepung. Kombinasi makanan tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan. Makanan tersebut akan sulit dicerna nantinya.

5. Daging merah dengan nasi dan kentang

Daging merah akan sulit dicerna apalagi bila disantap bersamaan dengan nasi ataupun kentang. Sebaiknya, makan daging merah dengan biji-bijian saja.

loading...