HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mengajarkan Anak Hidup Sehat, Beginilah Caranya

5

HARIANACEH.co.id – Ada pepatah mengatakan, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Tak hanya dari segi bakat, tapi tenyata istilah itu juga berlaku dalam hal pola hidup sehat antara anak dan orangtua.

“Pola hidup sehat dan bugar orangtua harus juga melakukannya, kalau tidak anak tak akan sehat. Karena anak biasanya melihat aktivitas orangtuanya juga setiap hari,” kata Dokter Spesialis Gizi Samuel Oetoro, MS, Sp. GK.

Sementara itu, untuk bisa membuat anak tumbuh sehat, maka orang tua harus mengajarkan prinsip 5S kepada anaknya. 5S yang dimaksud yakni makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat, dan lingkungan sehat.

Makan sehat yang diterangkan dokter Samuel ialah jumlah makanan yang dikonsumsi harus seimbang, jadwal makan yang rutin sebanyak 3 kali sehari untuk anak-anak, makanan yang dimasak pun harus berbahan segar dan alami agar memberi manfaat yang maksimal bagi tubuh.

Berpikir sehat yang diberikan ke sang anak ialah orang tua yang tak boleh memaksakan untuk mengikuti kemauan orang tuanya. Misalnya, sang anak harus dapat ranking 10 besar di sekolah karena itu akan membuat sang anak stres dan tidak bisa hidup sehat.

Sementara itu, untuk aktivitas sehat, orangtua harus mampu memberikan kegiatan di luar rumah yang membuat tubuh sang anak aktif bergerak. Ada baiknya anak dibatasi dalam penggunaan gadget agar anak lebih banyak bergerak.

“Anak yang sering bermain gadget bisa terkena obesitas, karena aktivitas anak yang tak bergerak dan fokus bermain game di gadget dalam posisi duduk atau tiduran,” tutur Dokter Samuel.

Terakhir adalah lingkungan sehat yang berarti orangtua harus bisa memberikan contoh baik untuk sang anak. Seperti tak merokok dekat anak, ajak anak bersih-bersih rumah yang bertujuan mengajak hidup sehat lingkungan dan sehat raga.

loading...