HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Naiknya Berat Badan Saat Haid, Inilah Ini Penyebabnya

4

HARIANACEH.co.id – Banyak masalah yang dihadapi ketika wanita sedang mengalami haid, terlebih saat Pra Menstruation Syndrome (PMS) melanda. Sebut saja perut kembung, sakit kepala, perubahan suasana hati, mual, kram, stres, dan peningkatan nafsu makan, merupakan masalah yang muncul saat PMS.

Berat badan yang naik adalah salah satu masalah paling umum yang dialami ketika sedang haid. Baik sifatnya sementara atau tidak, namun tetap saja menjengkelkan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa berat badan bertambah saat masa haid.

1. Kurang kegiatan fisik

Adalah hal yang normal ketika seseorang makan makanan cepat saji atau makanan tinggi kalori saat sedang mentruasi. Karena itu, kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan bisa menyebabkan berat badan naik. Ada baiknya bila pergi ke tempat fitness, meskipun di hari pertama haid.

2. Masalah dehidrasi

Saat menstruasi, berat badan bisa naik hingga dua kilogram, tergantung dari jumlah air dan makanan yang dikonsumsi. Dalam kasus ini, berat badan secara bertahap akan menurun setelah siklus haid.

3. Pengaruh umur

Wanita yang berumur lebih dari 30 tahun biasanya lebih gampang merasa lelah dan tidak se-aktif ketika berusia 20-an. Metabolisme dan kemampuan tubuh yang menurun mampu meningkatkan berat badan.

4. Depresi

Ini adalah salah satu hal yang sering dialami wanita ketika menstruasi. Depresi membuat wanita cenderung makan lebih banyak atau justru hanya duduk tanpa melakukan apapun sehingga membuat berat badan naik.

5. Zat Magnesium menurun

Turunnya kandungan Magnesium saat mentruasi megakibatkan kenaikan tingkat insulin. Hal ini menyebabkan kebutuhan gula dalam tubuh meningkat dan makanan pun semakin banyak yang masuk ke mulut.

6. Kembung

Terjadi banyak perubahan hormon saat mentruasi, salah satunya adalah kembung. Keadaan ini membuat perut menjadi kram dan merasa berat badan naik.

loading...