HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Setiap Minggunya, Seberapa Jauhkah Anda Perlu Berlari?

5

HARIANACEH.co.id – Sebuah ulasan studi menemukan bahwa jarak lari yang baik bagi kesehatan tubuh adalah 8 sampai 9 kilometer dalam seminggu.  Peneliti mungungkapkan bahwa orang yang suka berlari sekali atau dua kali (dengan jarak waktu kurang dari 51 menit) dalam seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker jenis tertentu, stroke, osteoarthritis, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi bila dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya.

Bahkan, bila melihat efek olahraga ini terhadap mortalitas kardiovaskular dan kematian dari berbagai kasus, mereka menemukan bahwa orang-orang yang berlari dengan jarak tempuh pendek memiliki resiko yang sama rendahnya dengan orang yang yang jarak tempuhnya lebih jauh, asalkan teratur.

“Manfaat maksimal dari lari muncul pada dosis yang cukup rendah, jauh di bawah apa yang disarankan oleh pedoman aktivitas fisik di Amerika Serikat,” tulis para peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings.

Amerika Serikat menyarankan 75 menit untuk melakukan aktivitas lari per minggu. Namun, bila Anda sedang dalam program diet, logika yang berlaku tetap sama yakni semakin banyak langkah berarti semakin banyak kalori terbakar.

Carl J. Lavie, MD, penulis ulasan ini dan direktur medis dari rehabilitasi dan pencegahan jantung di Medical Center Ochsner di New Orleans menawarkan saran ini kepada New York Times. “Lari selama 20 sampai 30 menit, atau sekitar dua sampai empat kilometer, dua kali per minggu akan membuat tubuh sempurna.”

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time