HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kini Peluang KIH Ambil Kursi Pimpinan Pasca Mundurnya Novanto

6

HARIANACEH.co.id – Ketua DPR Setya Novanto resmi mundur dari kursi Ketua DPR. Kekosongan kursi orang nomor satu di parlemen itu menjadi alasan bagi Koalisi Indonesia Hebat untuk mengocok ulang kursi pimpinan.

“KIH berkemungkinan memulai kisruh lembaran baru dengan merevisi UU MD3 dalam rangka kocok ulang pimpinan DPR dan semua pimpinan DPR akan berganti secara otomatis. Kemungkinan kubu KIH ambil alih pimpinan DPR,” kata Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayataullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago saat dihubungi, Rabu (16/12/2015) malam.

Alasan Pangi sederhana, dugaan pelanggaran etika yang dilakukan oleh Novanto dalam kasus penncatutan nama presiden dan wakil presiden sebagai pintu masuk untuk kocok ulang pimpinan DPR.

“Drama pelanggaran etika hanya sekedar pintu masuk kocok ulang pimpinan DPR. Namun sepanjang UU MD3 tidak direvisi berkemungkinan besar yg mengantikan posisi ketua DPR dari Golkar,” jelas Pangi.

Dia juga menegaskan, selama UU MD3 tidak direvisi maka kursi ketua DPR masih tetap didapuk oleh partai Golkar.

“Penganti Novanto akan tetap dari Golkar sepanjang tidak ada revisi UU MD3. Kalau ada ambisi untuk merevisi UU MD3 berarti positif berganti total pimpinan DPR,” tukasnya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat