HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Pilih Pimpinan DPR RI, Harus Ada Pengocokan Ulang

3

HARIANACEH.co.id – Setya Novanto yang telah resmi mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR RI. Sehingga, kursi orang nomor satu di parlemen saat ini dalam keadaan kosong.

Anggota Komisi I Fraksi PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin pun mendorong adanya kocok ulang pimpinan DPR untuk mengisi kekosongan tersebut, sekaligus mengganti seluruh pimpinan DPR.

“Sekarang bagaimana setelah pimpinan DPR vacum? Saran saya sebaiknya segera kocok ulang sesuai dengan logika sehat dalam berbangsa dan bernegara,” kata TB Hasanuddin dalam keterangannya, Rabu (16/12/2015) malam.

Purnawirawan Mayjen TNI ini juga mendesak agar Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) dapat segera direvisi. Sebab menurut dia, UU MD3 saat ini merupakan produk rekayasa dan kelicikan yang merusak logika sehat dan tatanan kehidupan berdemokrasi.

Ia mengibaratkan UU MD3 ini dengan pertandingan lari marathon. Pelari yang meraih juara satu tidak mendapatkan mendali apapun. Sedangkan pelari urutan terakhir malah mendapatkan mendali karena menang dalam pengundian.

“Ini benar-benar ironis dan sekali lagi merupakan pelecehan terhadap kedaulatan rakyat. Politik adalah seni, tapi politik bukan berarti segala macam cara licik dipakai untuk menyisihkan rivalnya,” tegas dia.

Lebih lanjut, TB Hasanuddin menyarankan agar seluruh ketua umum partai politik dapat berembuk dan memerintahkan fraksinya di DPR untuk segera mengamandemenkan UU MD3. Menurut dia, setidaknya UU MD3 dapat diubah kembali sesuai dengan UU MD tahun 2009.

Dalam UU tersebut diatur bahwa pemenang pemilu berhak meraih kursi orang nomor satu di parlemen. “Setelah MD3 selesai diamandemen, segera isi unsur pimpinan dan AKD (alat kelengkapan dewan) dengan orang-orang yang lebihcredible. Insya Allah kinerja DPR akan bangkit kembali,” tandas dia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time