HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aplikasi WhatsApp Diblokir Pemerintah Brazil

22

HARIANACEH.co.id – WhatsApp terbukti menjadi aplikasi yang sangat populer di Brazil. Namun, ini tidak menghalangi pengadilan Brazil untuk menjatuhkan larangan penggunaan WhatsApp selama 48 jam, setelah ada permintaan dari pihak ketiga yang tidak diketahui.

Gizmodo melaporkan, pengadilan Brazil telah memerintahkan perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Brazil untuk memblokir akses ke WhatsApp selama 48 jam, dimulai jam 02.00 GMT pada hari ini, Kamis (17/12/2015). Pemblokiran ini merupakan hukuman karena WhatsApp menolak untuk melakukan komunikasi dengan pengadilan.

“Karena WhatsApp tidak memberikan respon pada panggilan pengadilan yang dikeluarkan tanggal 23 Juli 2015 untuk datang, perusahaan kembali diingatkan pada tanggal 7 Agustus, yang dilengkapi dengan hukuman yang tetap jika perusahaan menolak untuk menuruti permintaan pengadilan. Saat perusahaan tidak memenuhi permintaan pengadilan, penuntut meminta pemblokiran layanan selama 48 jam,” tertulis pada pernyataan yang dikeluarkan oleh pengadilan.

Hakim Sandra Regina Nostre Marques adalah hakim yang menyetujui hukuman ini. Sang hakim menolak untuk memberitahu siapakah pihak ketiga yang menuntut WhatsApp. Meski keputusan ini muncul bersamaan dengan keberatan yang ditunjukkan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi Brazil akan keberadaan WhatsApp. Layanan pengirim pesan yang bernaung di bawah Facebook ini dirasa merusak bisnis telepon dan SMS mereka.

Perusahaan tradisional merasa dirugikan karena adanya solusi yang ditawarkan oleh perusahaan teknologi bukanlah hal yang aneh. Tetapi, hukuman yang dijatuhkan pada WhatsApp dalam kasus ini memang cukup aneh.

Larangan penggunaan WhatsApp sudah pasti akan mengganggu bisnis WhatsApp. Mark Zuckerberg, CEO Facebook, perusahaan yang membawahi WhatsApp, mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan pemerintah Brazil melalui status di akun Facebook resmi miliknya.

“Malam ini, seorang hakim Brazil memblokir WhatsApp yang digunakan oleh lebih dari 100 juta masyarakat Brazil. Kami berusaha keras untuk menghapuskan pemblokiran ini. Sampai WhatsApp kembali dapat digunakan, Facebook Messenger masih aktif dan Anda dapat menggunakannya sebagai pengganti WhatsApp,” kata Zuckerberg.

Dia juga mendorong masyarakat Brazil untuk menyuarakan pendapat mereka dan membantu pemerintah agar keputusan yang mereka buat sejalan dengan keinginan masyarakatnya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat