HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

AS akan Jual Kapal Perang ke Taiwan, Tiongkok Jadi Berang

3

HARIANACEH.co.id – Tiongkok memanggil perwakilan Amerika Serikat (AS) untuk memprotes rencana Washington menjual dua kapal perang ke Taiwan, yang merupakan bagian dari perjanjian bersenjata antar kedua negara senilai USD1,8 miliar.

Dalam perjanjian itu, Taipei akan mendapat sejumlah misil, kendaraan amfibi dan dua kapal perang dari AS. Penjualan ini disebut-sebut sebagai usaha AS dan Taiwan dalam menghadapi militerisasi Tiongkok di Laut China Selatan.

Seperti dikutip AFP, Kamis (17/12/2015), Kementerian Luar Negeri Tiongkok “menolak keras penjualan senjata Amerika ke Taiwan.”

Beijing berencana menjatuhkan sanksi kepada perusahaan mana pun yang terlibat dalam penjualan tersebut. AS juga diingatkan untuk membatalkan perjanjian dengan Taiwan, untuk “menghindari rusaknya hubungan Sino-AS.”

Meski sudah terpisah sejak akhir perang sipil pada 1949, Tiongkok masih menganggap Taiwan sebagai provinsi yang sewaktu-waktu dapat diraih kembali.

AS lebih mengakui Tiongkok ketimbang Taiwan, namun Negeri Paman Sam masih tetap menganggap negara di pulau kecil itu sebagai sekutu utama. Kedekatan tersebut membuat AS dengan Tiongkok terus bersitegang hingga saat ini.

Kongres AS memiliki 30 hari untuk menolak penjualan senjata ke Taiwan. Jika tidak ada penolakan, penjualan dianggap sudah disetujui.

loading...