HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pimpinan KPK Akan Dilantik Presiden Jokowi Senin Depan

2

HARIANACEH.co.id – Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih akan dilantik Presiden Joko Widodo pada Senin, 21 Desember 2015. Upacara pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta.

“Pimpinan KPK insya Allah dilantik Senin,” ucap Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Presiden, sambung Pramono, berharap surat pengesahan lima pimpinan KPK periode 2015-2019 dari DPR masuk ke Istana hari ini. Agar Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Saut Situmorang, Alexander Marwata, dan Laode M. Syarif segera bekerja dan mengisi kekosongan jabatan di KPK.

“Tadi baru saja presiden meminta agar pimpinan KPK ini bisa segera dilantik. Saya sudah berkomunikasi dengan pimpinan DPR dan juga Sekjen DPR,” imbuh dia.

Presiden Joko Widodo sebelumnya, mengimbau masyarakat menghormati pimpinan KPK pilihan DPR. Presiden sadar ada respons negatif kepada pimpinan yang baru. “Kita harus menghormati apa yang telah dipilihkan oleh DPR,” ujar Presiden Jokowi di Istana Bogor.

DPR mengesahkan lima orang pimpinan KPK terpilih. Pengesahan dan pengambilan dilakukan dalam rapat paripurna hari ini.

“Kita sahkan hasil proses pemilihan capim KPK di komisi III,” kata Plt Ketua DPR Fadli Zon yang langsung disetujui peserta rapat di Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/12/2015).

Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin melaporkan hasil uji kelayakan, dan kepatutan di hadapan forum. Dari 10 orang capim KPK yang disodorkan Presiden Jokowi melalui Pansel, sebanyak lima orang akhirnya terpilih untuk menjabat periode mendatang.

“Kami sudah menentukan lima pimpinan KPK yaitu Irjen Basaria Panjaitan, Alexander Marwata, Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode M Syarif. Pemilihan Ketua KPK dilakukan dengan sistem voting,” imbuh Aziz.

Dalam voting yang diikuti sebanyak 54 Anggota Komisi III itu, Agus Rahardjo mendapatkan perolehan suara sebanyak 53 suara, Basaria Pandjaitan, sebanyak 51 suara, Alexander Marwata, sebanyak 46 suara, Laode Muhammad Syarif dan Saut Situmorang masing-masing mendapatkan sebanyak 37 suara.

loading...