HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pinjaman Rp21 T untuk Toilet di India Disetujui Bank Dunia

10

HARIANACEH.co.id, NEW DELHI – Bank Dunia menyetujui pinjaman sebesar USD1,5 miliar atau setara Rp21 triliun untuk mendukung program sanitasi pemerintah di India, negara di mana jutaan warganya tidak bisa mengakses toilet.

Pinjaman ini, yang digelontorkan dalam periode lima tahun, akan digunakan untuk menyokong usaha pemerintah India dalam menyediakan toilet di sejumlah desa dan mengakhiri kebiasaan buruk buang air di ruang publik pada 2019.

Lebih dari 500 juta warga India, terutama di wilayah pegunungan, masih menjalani kebiasaan buang air di area terbuka. Mereka tetap melakukannya meski pemerintah terus mendorong adanya perubahan.

Satu dari 10 penyebab kematian di India terkait sanitasi yang buruk,” kata Onno Ruhl, direktur Bank Dunia untuk India, seperti dilansir Associated Press, Rabu (16/12/2015).

Ruhl mengatakan “rumah tangga berpenghasilan rendah paling rentan terkena dampak sanitasi yang buruk, dan proyek sanitasi pemerintah India ini akan secara signifikan meningkatkan kesehatan mereka, terutama yang hidup di wilayah pegunungan.”

Buang air besar di area terbuka meningkatkan kasus diare, infeksi cacing parasit dan penyakit publik lainnya yang dinilai sejumlah pakar turut menghambat pertumbuhan anak dan memicu malnutrisi.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat