HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pria AS Dipenjara 15 Tahun Setelah Serang Muslim dengan Radiasi

2

HARIANACEH.co.id, New York – Seorang pria asal New York dijatuhi hukuman kurang lebih 15 tahun penjara atas perannya dalam komplotan untuk membuat pemancar radiasi untuk menyakiti umat Islam dan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

Eric Feight, 55, mengaku bersalah pada Januari lalu karena memberi dukungan material kepada teroris. Dia mengaku membantu Glendon Scott Crawford, dalam memodifikasi perangkat radiasi kelas industri dan membangun sebuah saklar untuk mengoperasikannya dari kejauhan.

“Kebencian dan kefanatikan melahirkan terorisme domestik dan ekstremisme kekerasan, dan komitmen kami untuk menahan mereka yang melakukan kejahatan,” ungkap Pengacara AS untuk Distrik Utara New York, Richard S. Hartunian, seperti dikutip The Guardian, Kamis (17/12/2015).

Feight yang dijatuhi hukuman hingga 15 tahun penjara, ditangkap bersama Crawford pada 2013 dan didakwa atas plot untuk melepaskan radiasi di sebuah masjid di Albany dan sebuah sekolah Muslim didekat Colonie. Mereka juga berencana menyerang Gedung Putih, menurut rekaman pada Mei 2012.

Jaksa menjelaskan bahwa Crawford, 51, adalah seorang mantan insinyur industri General Electric dari Galway dan dianggap sebagai dalang plot penyerangan. Dia dinyatakan bersalah pada Agustus karena menggunakan senjata pemusnah masal dan mencoba untuk membangun sebuah perangkat penyebar radiologi.

Crawford dituntut minimum 25 tahun penjara dan denda USD2 juta untuk dakwaan kepemilikan perangkat penyebaran radiologi dan didakwa penjara seumur hidup untuk senjata pemusnah massal.

loading...