HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Setelah Melahirkan Lakukanlah Cara Untuk Mengembalikan Energi Anda

74

HARIANACEH.co.id – Setelah melahirkan tubuh akan terasa lebih lemas dan lesu. Tak hanya itu, Anda juga mengalami sembelit dan kehilangan banyak energi. Menurut apoteker Ketaki Karpe, ini disebabkan bayi Anda sudah mengambil banyak nutrisi yang ada di dalam tubuh Anda.

Jadi, setelah melahirkan buah hati, pastikan Anda mengonsumsi beberapa makanan berikut untuk meningkatkan energi Anda kembali.

1. Perbanyak asupan kalori

Ahli gizi Dr Shilpa Joshi menekankan setidaknya dalam enam bulan pertama, karena menyusui Anda perlu makan lebih banyak kalori. Anda perlu energi ekstra. Makan sup kaldu atau abon karena terbukti punya kandungan kalori yang tinggi.

2. Zat besi

Ibu baru melahirkan kehilangan banyak darah sehingga kadar zat besinya bisa turun drastis. Oleh karena itu, agar tetap bugar perbanyak lagi asupan makanan yang mengandung zat besi.

3. Susu kalsium

Susu dapat memperkuat kembali tulang Anda. Bila Anda tidak toleransi terhadap laktosa, Anda bisa beralih meminum susu nabati yang berasal dari dadih atau kedelai. Manfaat yang Anda dapatkan pun tetap sama.

4. Lebih banyak minum air

Untuk merangsang ASI, Anda perlu banyak cairan. Pastikan Anda banyak minum air putih, tapi kalau Anda khawatir dengan buang air kecil terus menerus Anda dapat meminta dokter untuk meresepkan obat. Selain air putih, Anda juga perlu minum air kelapa dan jus buah segar.

5. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik untuk menjaga Anda dari risiko infeksi saluran kemih. Jadi, setelah melahirkan mulailah makan yogurt untuk menjaga sistem metabolisme Anda.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat