HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

HRW: 75 Orang Tewas Akibat Protes di Ethiopia

13

HARIANACEH.co.id – Lembaga pemerhati HAM, Human Rights Watch (HRW) mengatakan, aksi protes di Ethiopia menyebabkan 75 orang tewas.

“Menurut keterangan aktivis, polisi dan pasukan militer melepaskan tembakan ke arah demonstran dan menewaskan 75 orang pendemo dan melukai banyak lainnya,” pernyataan HRW, seperti dikutip AFP, Sabtu (19/12/2015).

Sementara pihak pemerintah hanya mengakui bahwa ada lima orang tewas dalam aksi protes ini. Kejadian ini berawal dari operasi pasukan pemerintah yang dianggap memiliki kaitan langsung dengan pasukan yang diduga berasal dari kelompok teroris asing.

“Pemerintah Ethiopia merespons protes Oromia yang menyebabkan banyak orang tewas dan menimbulkan peluang pertumbahan darah,” tutur Deputi Direktu urusan Afrika di HRW Leslie Lefkow.

Baca Juga

“Amat mengherankan ketika pemerintah melabeli para pendemo ini sebagai teroris dan mengerahkan pasukan militer untuk menanganinya,” lanjutnya.

Protes yang dimotori oleh mahasiswa di Ginchi itu, ditujukan kepada upaya pemerintah yang berupaya untuk menebang hutan untuk sebuah proyek investasi. Protes pun menyebar ke wilayah Oromia, yang merupakan tempat tinggal dari kelompok etnis Oromo.

Berlangsung sejak pertengahan November, protes itu diikuti oleh petani dan warga lainnya. HRW pun mengatakan pihaknya menerima laporan kredibel bahwa pihak keamanan melepaskan tembakan ke arah pendemo di Shewa dan Wollega pada awal Desember.

Sementara berbagai saksi mata mengatakan kepada HRW bagwa pasukan keamanan memukuli para pendemo dan seringkali dilakukan di rumah korban pada malam hari. Selain itu banyak pula yang mengaku banyak pula warga yang mengikuti protes dilaporkan hilang.

Pihak keamanan Ethiopia masih belum memberikan komentar terhadap laporan tersebut. Mereka bersikeras dengan jumlah korban lima orang yang dikeluarkan versinya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat