HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Menghindari Sakit Batu Ginjal? Ini Tips Sehatnya

5

HARIANACEH.co.id – Penyakit batu ginjal dapat berisiko pada kematian. Batu ginjal juga menghambat saluran kemih Anda.

Batu-batu ini terbentuk dari garam mineral dan asam. Ini menunjukkan bahwa batu ginjal muncul akibat gaya hidup yang Anda anut.

Namun, jangan khawatir. Anda masih bisa mencegah batu ginjal dengan mengikuti kebiasaan sehat berikut.

Perbanyak minum air

Batu ginjal terdiri dari kalsium, fosfat atau oksalat dan mineral yang diserap dari makanan dan dibuang melalui urin. Ketika urin berwarna terlalu pekat, mineral tersebut dapat mengkristal dan membentuk batu. Nah, dengan banyak minum air dapat menjaga urin Anda untuk tetap berbentuk cair.

Olahraga

Studi dalam Journal of American Society of Nephrology menyebutkan olahraga ringan dapat mengurangi risiko terkena batu ginjal hingga 33 persen. Sisakan waktu Anda tiga jam dalam seminggu untuk jogging atau olahraga ringan lainnya.

Berhenti minum soda

Temuan teranyar dari Brigham mengatakan bahwa setidaknya mengonsumsi minuman bersoda memiliki risiko sekitar 23 persen lebih dalam masalah batu ginjal. Sebab, fruktosa di dalam minuman tersebut meningkatkan kalsium, oksalat dan ekskresi asam urat yang berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal. Jadi, mulai sekarang katakan tidak pada semua minuman bersoda.

Kurangi asupan kalsium

Kalsium memang dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Tapi, Anda juga perlu mengonsumsi dalam batas wajar bahkan kalau bisa mengurangi. Karena, kalsium punya andil yang besar dalam pembentukan batu ginjal.

Minum kopi

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology menemukan bahwa orang yang minum setidaknya secangkir kopi berkafein terhindar dari batu ginjal hingga 26 persen. Sedangkan orang yang mengonsumsi kopi tanpa kafein dianggap tidak menderita batu ginjal dengan presentase 16 persen.

loading...