HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sakit Akibat Radang Sendi? Ini Cara Mengatasinya

3

HARIANACEH.co.id – Peradangan pada beberapa titik pesendian yang disertai rasa sakit, bengkak, dan kaku dikenal dengan istilah artritis.

Umumnya masalah ini muncul karena faktor usia yang semakin menua. Ada banyak hormon dan organ yang mulai melemah sehingga memicu sendi sakit.

Tidak hanya obat yang dapat menyembuhkan artritis, Anda juga perlu mengubah gaya hidup lebih sehat untuk pemulihan lebih cepat.

Berdasarkan penjelasan kepala ahli bedah di Delhi Institute of Trauma Orthopaedics, Dr. Shekhar Agarwal, berikut lima cara untuk mengurangi rasa sakit akibat radang sendi.

1. Modifikasi diet

Hindari menyantap makanan yang mengandung lemak jenuh dan trans. Sebab, makanan tersebut membuat berat badan gampang naik sehingga mengarah ke beban sendi yang lebih berat. Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega 3 dan antioksidan yang membantu kurangi peradangan.

2. Perbanyak makanan laut

Buah-buahan tropis yang segar, seperti jambu, jeruk, lemon, dan merica merupakan sumber yang baik dari vitamin C dan baik untuk penderita artritis. Makanan laut juga mengandung vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan sendi.

3. Fokus olahraga untuk perkuat otot

Olahraga yang memperkuat tulang dan melindungi sendi yakni seperti jalan cepat, berlari, dan, bersepeda sangat bagus untuk menjaga kepadatan tulang dan menghindari osteoporosis.

4. Fisioterapi

Fisioterapi juga dapat membantu mengatasi gerakan sendi kaku, membantu membantu membangun kekuatan otot sekitar sendi. Anda dianjurkan mengikuti fisioterapi untuk meredakan nyeri sendi.

5. Penurunan berat badan

Penderita artritis  sangat perlu menurunkan berat badan untuk mengurangi tekanan pada sendi di lutut. Semakin berat badan turun, maka semakin berkurang peradangan yang diderita pasien artritis.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time