HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Today in History: Hilangnya Trofi Jules Rimet

1

HARIANACEH.co.id – Hari ini, 20 Desember 32 tahun silam, trofi Piala Dunia Jules Rimet menghilang untuk selamanya usai dicuri dari markas Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) di Rio De Janeiro. Hingga kini, trofi asli Piala Dunia tersebut tak pernah diketahui lagi keberadaannya sejak 1983 lalu.

Trofi asli Jules Rimet diberikan secara permanen kepada negara yang telah tiga kali memenangkan Piala Dunia. Brasil adalah negara pertama mendapatkan trofi yang mengambil nama dari presiden FIFA pertama tersebut secara permanen pada 1970.

Sebelum hilang untuk selamanya, trofi berlapis emas ini juga sempat dicuri jelang penyelenggaraan Piala Dunia 1966 di Inggris. Namun, seekor anjing bernama Pickles menemukannya di sebuah taman dan sang majikannya diberi hadiah senilai enam ribu Pounds.

BBC melaporkan jika saat itu pemerintah Brasil mengklaim tidak akan pernah terjadi pencurian di negara mereka. Sebab para warga Brasil terlalu mencintai sepak bola untuk mencuri trofi tersebut.

Kenyataan pahit harus ditanggung Asosiasi Sepak Bola Brasil yang tak bisa menemukan lagi trofi Jules Rimet. Sehingga mereka pun membuat replika trofi tersebut untuk mengganti trofi yang dicuri.

Kini, trofi Jules Rimet telah digantikan oleh trofi Piala Dunia FIFA sejak 1974 lalu. Kabarnya, trofi Piala Dunia FIFA pun akan dianugerahkan kepada pemenang terakhir pada edisi Piala Dunia 2038.

loading...