HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Donor Darah untuk Thalassemia

7

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember 2015, Darah Untuk Aceh, Tanabata Espresso Bar dan UDD PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan “Donor Darah untuk Thalassemia”. Kegiatan ini untuk memberikan apresiasi bagi pendonor (disebut “blooders” oleh komunitas Darah Untuk Aceh). Program #10for1Thalassemia yang diusung komunitas ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan darah bagi penderita thalassemia (disebut “thallers”) yang biasanya butuh transfusi berkala setiap bulan. Dalam program ini, 10 pendonor/blooders menjadi kakak asuh bagi 1 thallers. Teknisnya, bulan pertama adalah kesempatan untuk 3 pendonor, demikian selanjutnya untuk bulan kedua dan ketiga, sementara 1 orang lagi sebagai cadangan. Untuk bulan keempat dan seterusnya, siklus ini berulang.

Hingga tahun 2015, penderita thalassemia berjumlah 300 pasien dari berbagai daerah di Aceh yang melakukan transfusi dan perawatan di RSUDZA Untuk memenuhi kebutuhan darah mereka dibutuhkan banyak pendonor dan inilah yang dikampanyekan komunitas Darah Untuk Aceh (DUA) yang berfokus mendampingi pasien thalassemia dan melakukan gerakan #ThalassemiaAwarenessMovement.

Thalassemia adalah kelainan darah yang diturunkan oleh orangtua pembawa sifat (carrier). Tubuh penderita thalassemia tidak mampu memproduksi darah secara sempurna sehingga mereka membutuhkan transfusi darah berkala. Prevalensi thalassemia di Aceh cukup tinggi, yaitu 13.8% dari jumlah populasi di Aceh (Dinkes, 2010). Satu-satunya cara mencegah agar kelainan genetik ini tidak meluas adalah dengan melakukan screening sebelum menikah. Bila kedua orangtua membawa sifat thalassemia, kemungkinan keturunannya 25% yang menderita thalassemia mayor (yang butuh transfusi regular). Tetapi bila hanya salah satu orangtua yang membawa sifat, maka dipastikan anaknya tidak ada yang menderita thalassemia mayor, tetapi hanya ada kemungkinan membawa sifat saja. Pembawa sifat ini sama dengan orang normal (tidak kelihatan), sehingga pengetahuan tentang thalassemia perlu disebarluaskan, agar prevalensinya bisa menurun.

Kegiatan “Donor Darah untuk Thalassemia” memperingari Hari Ibu ini diadakan tanggal 22 Desember 2015 di UDD PMI Kota Banda Aceh Jl. Stadion H. Dimoerthala, Lampineung.

Untuk blooders yg donor darah di hari itu bisa mendapatkan minuman gratis di Tanabata Espresso Bar.
Caranya:

  1. Datang ke UDD PMI Kota Banda Aceh pada hari Selasa 22 Desember 2015, lalu mendonorkan darah (disebut donor sukarela bila tidak untuk pasien tertentu).
  2. Ambil foto saat donor darah sambil memegang properti yang sudah disediakan sebagai penanda bahwa donor dilakukan pada hari tersebut.
  3. Posting foto tersebut di akun instagram blooders dan harus men-tag akun instagram @darah4aceh @tanabatacoffee @utdpmibna. Captionnya boleh tentang donor darah, thalassemia, atau Hari Ibu.
  4. Datang ke Tanabata Espresso Bar (Jl. T. Iskandar Ulee Kareeng), dan dengan menunjukkan postingan di akun Instagram tersebut bisa mendapatkan minuman gratis apa saja di Tanabata! Berlaku sampai 28 Des 2015.

Contact Person:
Auliyyaa: 085277774555‎
Nunu: 08116829244

Menurut Ketua Darah Untuk Aceh, Aulia Rohendi, “Kenapa Hari Ibu? Karena Ibu kita ingat sebagai orang yang penuh kasih sayang kepada anak-anaknya, dan bahkan rela berkorban apa saja untuk membahagiakan dan menyelamatkan jiwa anaknya. Sejalan dengan itu, mendonorkan darah juga adalah bentuk kasih sayang kita sebagai sesama.” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima HARIANACEH.co.id.

“Jadi intinya mendonorkan darah itu an action of love. Sharing is love, sharing is good”, sambung Kasyful Humam dari Tanabata.

Kegiatan seperti ini direncanakan akan terus dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kampanye sadar thalassemia. “Agar semakin banyak yang tahu thalassemia, semakin banyak yang bisa mencegah, dan kita inginnya Aceh ini bisa zero thalassemia, suatu saat nanti..” tutup Nurjannah Husien, founder DUA. (adv)

Poster Donor Darah  PMI DuA TANABATA

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time