HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sekda Jadi Inspektur Upacara Bela Negara, Bacakan Amanat Presiden Jokowi 

14

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Upacara memperingati Hari Bela Negara yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Aceh (Sekda), Drs. Dermawan, MM di Halaman Setda Aceh,  Banda Aceh, Senin (21/12/2015) berlangsung khidmat. Upacara dihadiri oleh ratusan personel TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil, dan organisasi masyarakat.

Inspektur upacara, Drs. Dermawan, MM membacakan amanat Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan pesan kepada seluruh elemen masyarakat, mulai dari prajurit TNI, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri dan elemen rakyat lainnya agar tidak pernah lepas dari semangat bela negara dalam menghadapi tantangan-tantangan baru di depan mata.

“Saat ini, sebagai bangsa yang besar, Indonesia menghadapi gelombang perdagangan bebas dan tekanan integrasi ekonomi regional yang akan semakin besar dalam beberapa tahun ke depan. Persaingan ekonomi antar negara diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang, terutama dalam hal penguasaan akses sumberdaya maritim, energi dan pangan,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Dalam menghadapi tantangan yang dimaksud, Presiden menghimbau kepada semua rakyat Indonesia untuk terus bergerak membela negara sesuai dengan ladang pengabdiannya masing-masing.

Presiden Jokowi mengatakan, bela Negara dapat dilakukan melalui pengabdian profesi di berbagai bidang kehidupan masing-masing, baik melalui jalan diplomasi politik, memperkuat kemandirian ekonomi, maupun membangun ketahanan budaya.

“Seorang petani bekerja keras meningkatkan produksi adalah upaya bela negara untuk mewujudkan kedaulatan pangan, Seorang guru berjuang mendidik anak-anak di kawasan perbatasan adalah wujud nyata bela negara mencerdaskan kehidupan bangsa. Para prajurit TNI menjaga pulau-pulau terdepan melakukan tugasnya karena semangat bela negara mempertahankan kedaulatan wilayah negara kita,” kata Presiden Jokowi

Menurut Jokowi, semangat bela negara akan menjadi kekuatan yang maha dahsyat apabila diikat dalam tali persatuan Indonesia, seperti sejarah pahlawan Indpnesia yang bisa membangun kekuatan menghadapi penjajah hanya dengan kebersamaan dan gotong royong.

Untuk membangkitkan kesadaran bela negara, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat supaya dapat menanamkan sejak dini nilai-nilai bela negara melalui pendidikan kewarganegaraan sehingga anak-anak masa depan lebih mencintai bangsanya, mencintai tanah airnya dan memiliki kebanggaan menjadi bagian dari Indonesia.

“Nilai-nilai bela negara harus ditanamkan dengan cara-cara yang kreatif, inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman. Kita berada di era kemajuan teknologi informasi yang menuntut digunakannya cara-cara baru. Anak-anak muda perlu diberikan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada tanah air. Dengan cara itu, saya yakin mereka akan bisa mewujudkan semangat bela negara melalui cara-cara yang lebih kreatif,” kata Presiden Jokowi. (rel)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat