HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Korea Selatan Copot Lima Menterinya

2

HARIANACEH.co.id – Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mengganti mengganti lima menteri dalam perombakan kabinet, Senin (21/12/2015).

Salah satu yang mendapat sorotan adalah Yoo Il-ho, pria yang menggantikan Choi Kyoung-hwan di jabatan Menteri Perekonomian. Choi menduduki kursi menteri dalam reshuffle sebelumnya, setelah terjadinya tragedi kapal feri Sewol yang menelan hampir 300 korban jiwa pada April 2014.

Tragedi Sewol menggegerkan publik Korsel dan memicu kemarahan publik, setelah terungkap bahwa korupsi dan kelalaian menjadi salah satu faktor penyebab kejadian. Pemerintahan Park dikritik tajam. Masyarakat meminta Park meningkatkan standar keamanan nasional dalam bidang transportasi.

Kantor kepresidenan Korsel mendeskripsikan Yoo, 60, yang pernah menjadi menteri transportasi, sebagai “orang yang tepat untuk menjalankan kebijakan ekonomi dan mendorong revitalisasi perekonomian negara.”

Seperti dikutip AFP, Park juga mengganti empat menteri lainnya di bidang pendidikan, perdagangan, kesetaraan gender dan administrasi nasional.

Perekonomian Korsel berkembang 1,3 persen pada kuartal ketiga 2015. Bank Korea memprediksi pertumbuhan 2,7 persen GDP pada sepanjang 2015.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat