HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Alami Dehidrasi Bisa Juga Diawalinya Sering Pusing

4

HARIANACEH.co.id – Air merupakan ‘obat’ mujarab dalam kehidupan. Punya segudang manfaat tapi nihil dari efek samping. Segelas air yang Anda konsumsi sudah dapat menjaga tubuh dalam memerangi berbagai macam penyakit.

Minum air yang dianjurkan yakni kurang lebih delapan gelas sehari. Tak cukup minum air dalam sehari memiliki dampak perubahan yang besar dalam tubuh Anda. Berikut yang bisa terjadi ketika Anda tidak minum air dengan cukup.

1. Mulut kering

Tanda dehidrasi yang paling jelas adalah mulut Anda kering. Air bertindak sebagai pelumas yang membuat selaput lendir di tenggorokan sehingga menjaga kelembapan mulit.

2. Kulit kering

Tak hanya mulut yang kering, kulit Anda pun kering ketika asupan air tidak mencukupi. Akibatnya, Anda kurang berkeringat dan kotoran di dalam tubuh sulit dikeluarkan. Jadi, minumlah cukup air untuk menjaga kulit Anda tetap kenyal dan halus.

3. Sakit kepala

Sering sakit kepala kerap dikaitkan dengan kurangnya asupan air di dalam tubuh. Demikian yang diungkapkan berbagai macam penelitian.

4. Urin berwarna gelap

Apabila air seni Anda sudah berubah warna menjadi gelap segera perbanyak minum air, sebab itu tandanya tubuh sedang dehidrasi.

5. Mata kering

Mata merah disebabkan oleh dehidrasi. Kurangnya cairan berdampak pengeringan di saluran air mata Anda. Hal ini bisa berbahaya.

6. Cepat lapar

Ya, lapar tidak melulu dikaitkan dengan makanan, ada lapar yang menunjukkan rasa haus. Jadi, sebelum makan sebaiknya minum segelas air terlebih dahulu.

7. Selalu mengantuk

Karena kurangnya asupan air tubuh menjadi melambat dan energi Anda pun terkuras. Akibatnya, Anda merasa selalu mengantuk dan merasa lesu.

8. Denyut jantung meningkat

Ketika jantung berdenyut semakin cepat tandanya tubuh sedang dehidrasi. Bila tak segera minum air, bisa saja berakibat cukup fatal pada jantung.

9. Massa otot berkurang

Sebagian besar otot berisi asupan air. Kurang air, massa otot pun akan berkurang. Jadi, sebelum dan sesudah olahraga pastikan Anda selalu terhidrasi untuk menghindari rasa sakit ataupun peradangan.

10. Penuaan dini

Tubuh yang memiliki sedikit air akan menua lebih cepat dari usia seharusnya. Apabila Anda ingin menghindari penuaan dini, mulailah perbanyak minum air lagi.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time