HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Aturan Adware Kini Diperketat Microsoft

3

HARIANACEH.co.id – Microsoft dilaporkan akan memperketat peraturan terkait dengan adware. Melalui post pada blog Technet, Microsoft akan memblokir program periklanan yang menggunakan teknik maninthemiddle (MiTM).

Pelarangan ini termasuk iklan dan promosi yang disematkan oleh proxy, serta perubahan pengaturan DNS, tanpa melibatkan dan mendapat persetujuan pengguna.

Keputusan ini diambil Microsoft ini dilatarbelakangi potensi program periklanan jenis ini untuk dimanfaatkan sebagai sarana penyebaran malware ke sistem, atau sarana pengintaian pada data dan komunikasi yang dienkripsi.

Mencegah penyebaran malware ini, Microsoft akan memberlakukan peraturan baru terkait perizinan iklan pada sistem operasinya. Peraturan ini hanya mengizinkan program yang menampilkan iklan di browser hanya dapat dipasang, dinonaktifkan atau dieksekusi melalui browser yang sama.

Artinya, software iklan yang mengunduh atau memasang sesuatu tanpa memberitahukan pengguna via browser, akan diblokir dan ditandai sebagaimalware.

Microsoft menyebut, peraturan ini akan berlaku mulai 31 Maret 2016, dan memberikan kesempatan kepada pengembang untuk dapat menyesuaikan diri dengan kebijakan baru ini.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time