HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mahasiswa Aceh Barat Akan Sediakan Informasi Beasiswa ke Daerah

11

HARIANACEH.co.id – Persatuan Mahasiswa Bumoe Teuku Umar (PMBTU) Jakarta, menggelar kegiatan rapat kerja (Raker) di gedung Meunasah Fatahillah Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (23/12/2015).

Ketua umum PMBTU Arsyad dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Rapat kerja ini penting dilaksanakan karena kegiatan organisasi merupakan tolak ukur keberhasilan untuk menunjukkan eksistensi sebuah organisasi. Dalam hal ini maka perlu keseimbangan antara penataan dengan sistematikanya, pengembangan, latihan, regenerasi serta rekrutmennya, yang mengandung kekuatan misi  penting yang harus kita lakukan diantaranya adalah harus ada semangat perubahan dari kita semua, tekad untuk maju  harus tertanam dalam diri kita masing-masing dalam rangka memperkokoh landasan menuju Aceh Barat yang lebih maju.

“Kita sebagai kaum intelektual harus memili tekad untuk maju yang tertanam dalam diri kita masing-masing” ungkap Arsyad dalam keterangan persnya yang diterima HARIANACEH.co.id.

Kegiatan yang diikuti puluhan perserta tersebut menghasilkan sejumlah program kerja, namun ada 3 program kerja pokok yang menjadi prioritas utama PMBTU, antara lain:

Pertama, PMBTU akan Menjalin kerjasama dengan kampus-kampus yang ada di Jakarta baik negeri maupun swasta. Program ini dalam rangka menghimpun informasi beasiswa dari sejumlah kampus di Jakarta yang kemudian akan di kirim ke daerah sebagai upaya memajukan pendidikan di Aceh Barat.

Kedua, Mengelar diskusi dwimingguan. Diskusi ini penting dilaksanakan mengingat kita sebagai mahasiswa maka penting ada upaya-upaya peningkatan kapasitas inteleksual kita, diskusi ini akan mengangkat isu-isu terhangat baik isu nasional maupun isu-isu daerah, sehingga kita selalu mengikuti perkembangan.

Ketiga, menjalin silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat Aceh Barat yang ada di Jakarta, dengan pemerintah daerah dan dengan mahasiswa yang ada di Jabodetabek, serta membuat forum-forum pertemuan dengan sejumlah eleman Aceh Barat, hal ini dilakuka agar terjalinnya hubungan kekeluargaan dan kekompakan dalam perantauan.

Ketua divisi Pendidikan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Sopian Saputra menjelaskan, masih banyak anak-anak di daerah khususnya di Aceh Barat yang memiliki keinginan kuat untuk kuliah namun terhambat dengan kondisi biaya yang tidak memadai, pihaknya berharap dengan adanya informasi beasiswa dari Jakarta akan membantu mereka untuk menempuh pendidikan khususnya di Jakarta. Karena menurut Sopian hamper semua kampus di Jakarata menyediakan beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi, hanya saja informasi terbatas ke daerah.

“Jadi bukan hanya anak orang kaya yang bisa kuliah di Jakarta, tetapi semua memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan tinggi di Jakarta, buktinya saja banyak mahasiswa Aceh Barat yang mendapat beasiswa kuliah di Jakarta” jelas Sopian

Persatuan Mahasiswa Bumoe Teuku Umar (PMBTU) Jakarta merupakan organisasi mahasiswa Aceh Barat yang kuliah di Jakata yang baru dilantik oleh wakil Bupati Aceh Barat Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPD sebulan yang lalu di Aula Kopertesi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (rel)

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time