HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Maskapai Syariah Pertama Akhirnya Dioperasikan Malaysia

3

HARIANACEH.co.id — Maskapai syariah pertama di Malaysia mulai beroperasi pada Minggu 20 Desember, dengan penerbangan perdana dari Kuala Lumpur ke pulau resor Langkawi.

Supaya berbeda dengan maskapai di Eropa, Ryanair, Rayani Air -maskapai syariah-, memiliki skema warna hijau dan hitam berfokus pada kesalehan.

“Pramugari Muslim harus memakai jilbab sementara pramugari non-Muslim harus memakai pakaian yang sopan,” kata Direktur Maskapai Jaafar Zamhari, seperti dikutip Metro.co.uk, Rabu (23/12/2015).

Alkohol sangat dilarang dan semua makanan dalam penerbangan halal. Akan ada doa bersama sebelum lepas landas untuk keamanan staf dan penumpang dalam penerbangan.

“Kami adalah maskapai penerbangan syariah pertama di Malaysia berdasarkan pedoman oleh otoritas terkait. Kami bangga dengan ini,” lanjutnya lagi.

Syariah dalam hukum Islam dan di bawah konsep halal – yang berarti ‘diperbolehkan’ dalam bahasa Arab, -daging babi dan produk sampingannya, alkohol dan hewan yang tidak disembelih menurut aturan Islam dilarang.

Sudah ada operator yang ramah syariah yang beroperasi di seluruh dunia. Maskapai yang berbasis di Inggris, Firnas Airways, berencana menawarkan penerbangan yang sama tahun depan.

Ada lagi sebuah perusahaan baru-baru ini memperkenalkan botol air mineral halal di Malaysia dan sesi kencan cepat Islam.

Selain itu, sebuah konvensi halal di Kuala Lumpur awal tahun ini menarik ribuan delegasi dan ratusan peserta pameran yang memamerkan produk mulai dari makanan dan kosmetik kolagen yang dihasilkan dari yak atau sejenis sapi di Tibet.

loading...