HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Polling AP: Sepanjang 2015, Konflik ISIS Jadi Berita Terpopuler

8

HARIANACEH.co.id – Serangkaian serangan teror yang diklaim Islamic State (ISIS) dan usaha global dalam menghancurkan kelompok militan tersebut menjadi pemberitaan terpopuler sepanjang 2015. Ini berdasarkan polling tahunan editor dan kepala kantor berita versi Associated Press, Selasa (22/12/2015).

Isu terpopuler kedua adalah keputusan Mahkamah Agung Amerika Serikat atas pelegalan pernikahan sesama jenis di 50 negara bagian. Dari sisa delapan lainnya, ada beberapa isu yang merefleksikan dampak ISIS terhadap beragam sektor.

Terdapat pula pemberitaan mengenai serangkaian penembakan massal di Negeri Paman Sam.

Dari 100 pemilih yang memberikan suaranya dalam polling AP, terdapat 17 isu berbeda. ISIS meraih 37 suara dan pernikahan sesama jenis 13. Peringkat tiga adalah serangan teror di Paris.

Setahun lalu, isu terpopuler dalam polling AP adalah pembunuhan polisi kulit putih terhadap warga kulit hitam di Ferguson, Missouri dan tempat lainnya beserta investigasi dan unjuk rasa yang mengikutinya.

Dalam polling AP tahun ini, pembunuhan polisi terhadap warga kulit hitam AS berada di peringkat kelima.

Polling pertama kali dilakukan AP di tahun 1936. Ketika itu, para editor kantor media memilih berita pengunduran diri Raja Edward VIII dari Kerajaan Inggris.

Berikut 10 berita terpopuler sepanjang 2015 versi polling AP:

  1. ISIS
  2. Pernikahan Sesama Jenis
  3. Serangan Teror di Paris
  4. Penembakan Massal
  5. Penembakan Polisi terhadap Warga Kulit Hitam
  6. Kekhawatiran atas Terorisme
  7. Kampanye Pemilu AS
  8. Perubahan Iklim
  9. Penembakan di Gereja Charleston
  10. Krisis Imigrasi di Eropa
Komentar
Sedang Loading...
Memuat