HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pusat Ramadi yang Dikuasai ISIS Didatangi Pasukan Irak

8

HARIANACEH.co.id – Pasukan keamanan Irak bergerak ke pusat Ramadi untuk melakukan serangan terakhir dalam upaya merebut sepenuhnya kota tersebut dari kelompok militan Islamic State (ISIS).

Ramadi, salah satu kota strategis di Irak di provinsi Anbar, jatuh ke tangan ISIS pada Mei lalu.

“Kami pergi ke jantung kota Ramadi dari beberapa penjuru dan kami mulai membersihkan daerah permukiman,” kata Sabah al-Noman, juru bicara pasukan elite anti-terorisme Irak.

“Kota ini akan dibersihkan dalam 72 jam ke depan. Kami tidak mendapat serangan kuat, hanya ada penembak jitu dan pelaku bom bunuh diri,” sambung dia kepada AFP, Selasa (22/12/2015).

Dorongan terakhir ke pusat Ramadi dilakukan Senin malam, dengan tujuan merebut Ramadi 100 persen.

Siaran di saluran televisi nasional Iraqiya memperlihatkan prajurit yang mengemudikan kendaraan di jalanan sepi Ramadi. Mereka memasuki rumah-rumah untuk mendeteksi adanya jebakan dan memungut mortir serta roket yang ditinggalkan ISIS.

Pertempuran di Ramadi dipimpin pasukan elite Irak dan didukung serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat, kepolisian dan pejuang lokal.

ISIS kehilangan beberapa kota strategis di Irak sejak pemerintah pusat Irak dan otonom Kurdi mulai mengintensifikan perlawanan.

Pasukan paramiliter seperti Hashed al-Shaabi terlibat dalam pertempuran yang berujung pada direbutnya kembali kota seperti Tikrit dan Baiji.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat