HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

YARA Petisikan Pemerintah dan Mediator MoU Helsinki Dianggap Lalai

13

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH — Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) merilis petisi online untuk petisi tersebut diuntuk meminta dukungan masyarakat Aceh agar dibentuknya Lembaga Komisi Bersama Penyelesaian Klaim atau sering disebut Komisi Klaim di Aceh.

Petisi tersebut nantinya akan disampaikan kepada Gubernur Aceh, DPRA, Malik Mahmud, Marthi Ahtisaari, dan Presiden RI.

Masyarakat Aceh, dan Rakyat Indonesia pada umumnya dapat memberi dukungan melalui: https://www.change.org/p/gubernur-aceh-dpr-aceh-malik-mahmud-marti-ahtisaari-presiden-ri-bentuk-komisi-bersama-penyelesaian-klaim-di-aceh

YARA meminta pemerintah untuk segera membentuk Komisi Klaim di Aceh, karena komisi tersebut amanah yang ada dalam perjanjian damai MoU Helsinki yang di tanda tangani oleh pihak Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia 10 tahun yang silam.

Pada poin 3.2.6 MoU Helsinki, Pemerintah Aceh dan Pemerintah NKRI akan membentuk Komisi Bersama Penyelesaian Klaim untuk menangani klaim-klaim korban pelanggaran HAM di Aceh yang tidak terselesaikan hingga saat ini.

Komisi Klaim ini merupakan lembaga yang bekerja untuk menjalankan misi perdamaian dan kemanusian bagi korban pelanggaran konflik yang terjadi di Aceh.

Komisi tersebut akan berfungsi sebagai lembaga yang akan mendata dan menganti kerugian harta benda masyarakat Aceh yang hilang/musnah akibat konflik yang menderah rakyat di bumi Serambi Mekkah.

Komisi yang seharusnya sudah lahir dan bekerja di Aceh, namun sampai dengan10 tahun berlalu pasca perjanjian damai MoU Helsinki, Komisi ini belum juga di bentuk oleh pemerintah.

Jika komisi ini nantinya terbentuk, maka angka masyarakat miskin Aceh akibat konflik selama 30 tahun lebih akan berkurang di bumi Iskandar Muda.(*)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat