HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

6 Makanan Murah yang Gampang Dibuat Bagi Yang Tak Punya Bakat Masak

9

HARIANACEH.co.id — Cowok enggak bisa masak seharusnya udah basi. Tapi masih ada yang berpikiran bahwa aktivitas dapur hanya untuk kaum hawa. Padahal koki ternama kebanyakan laki-laki. Dan aktivitas masak nggak melulu ribet, lama, dan membosankan.

Ini buktinya, editor HAI sajikan resep masakan lezat, mudah, dan super simple bagi para cowok (atau cewek juga boleh) yang ingin mencoba aktif di dapur. Tak usah lama-lama. Yuk disimak!

1. Buka santap malammu dengan kenyalnya Cireng. Atau bisa juga dijadikan snack sore yang ringan.

Cireng
Cireng
Jajanan yang biasa kamu beli di pinggir jalan ini sungguh mudah dibuat sendiri. Cuma butuh sedikit waktu dan ketenangan batin.
Bahan dan bumbu :
  • 150 gram tepung aci
  • sdt merica
  • sdt bawang putih, dihaluskan
  • sdt bumbu masak
  • 1 batang daun bawang, iris
  • garam secukupnya
  • sedikit tepung aci untuk taburan
Cara Membuat :
  1. Campur dan aduk rata tepung aci, merica, bawang putih, daun bawang dan kaldu bubuk lalu sisihkan.
  2. Campur rata bahan biang kemudian masak sambil terus diaduk hingga mendidih dan adonan mengental seperti lem, matikan api.
  3. Masukkan adonan tepung pertama ke dalam adonan biang dengan cara sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan supaya rata. Adonan jangan sampai kalis tetapi cukup diaduk dengan cara dipijit-pijit saja.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih dan jangan terlalu tipis, tambahkan tepung aci di telapak tangan supaya adonan tidak lengket di tangan dan tidak menempel satu sama lainnya. lakukan sampai adonan habis.
  5. Panaskan minyak, goreng adonan dengan api sedang hingga matang dan jangan terlalu besar agar tidak menggelembung, angkat dan tiriskan lalu sajikan.
  6. Jangan lupa pakai saus!

2. Nah, kalau lagi pengen makanan yang kaya rempah, Nasi Goreng Tom yam yang asam adalah solusi yang mewah.

nasgor tomyam
nasgor tomyam
Kuliner kaya rempah memang tiada duanya. Salah satunya nasi goreng tom yam. Jangan dulu kepikiran sulit buatnya, mentang-mentang tebal rasa rempah. Mudah! Ini buktinya.
Bahan:
  • 800 gram nasi putih dingin
  • 4 sdm minyak goreng
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 6 buah cabai merah besar, potong-potong
  • 150 g udang kupas
  • 150 g jamur merang, belah-belah
  • 2 sdm kecap ikan
Bumbu halus:
  • 8 buah bawang merah
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 batang akar ketumbar
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 1 sdt terasi udang
  • 1 sdt garam
Cara membuat
  1. Uraikan nasi menggunakan garpu agar tidak menggumpal, sisihkan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bumbu halus, aduk hingga aroma keluar, masukkan cabai rawit.
  3. Masukkan udang dan jamur, aduk hingga udang berubah warna dan jamur matang, tambahkan kecap ikan, aduk.
  4. Masukkan nasi, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata, nasi panas dan berasap, angkat.
  5. Tata nasi di atas piring saji, taburi dengan daun ketumbar. Hidangkan selagi panas.

3. Ingat kesehatan! Makanan sehat gak selalu mahal. Kesegaran Gado-Gado Siram yang murah-meriah bisa jadi pemenuh gizi tubuh.

gado-gado Siram
gado-gado Siram
Sederhana adalah keharusan dan kesehatan adalah kebutuhan. Gado-gadolah bentuknya! Penganan ini cukup mudah dibuat karena sudah ada bumbu-jadi yang tersedia di swalayan terdekat. Tinggal beli sayurnya aja!

Bumbu?

Beli di swalayan atau pasar terdekat
Campur dengan air
Aduk sampai rata
Beres!
Bahan-Bahan :
  • 150 g taoge, buang akarnya, seduh air panas
  • 3 butir telur ayam, rebus, kupas, potong membujur 2 bagian
  • 1 buah tomat merah, potong membujur 8 bagian
  • 150 g tempe, goreng, iris tipis
  • 150 g tahu cina, goreng, iris tipis
  • 150 g kacang panjang, siangi, potong 2 cm, rebus
  • 150 g kol, buang tulang daunnya, iris halus, seduh air panas
  • 150 g daun selada keriting, iris 2 cm
  • 1 buah mentimun, kupas, iris bulat tipis
  • Air untuk merebus
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Gado-Gado :

Pertama, gorenglah tahunya terlebih dulu sampai garing kulitnya. Angkat, tiriskan, dan sisihkan.

  1. Setelah itu gorenglah tempe sampai warnanya kecoklatan. Angkat, tiriskan, dan sisihkan.
  2. Kemudian siapkan piring saji. Susun rapi sayurannya, mentimun, tomat, selada, dan telur.
  3. Siram bumbu yang tadi kamu beli

4. Kami tahu, kamu hanya punya sedikit waktu. Nah, Ayam Geprek Kemangi bisa jadi jawaban atas keterbatasanmu.

Ayam Geprek Kemangi
Ayam Geprek Kemangi

Makanan ini sungguh simple dan lezat. Sesungguhnya mudah, namun karena malas, jadi lebih memilih beli. Nah, kalau kamu coba, ini kami beri tahapan membuatnya!

Bahan dan Bumbu :

  • Ayam goreng crispy bagian paha atau dada atas 2 buah (beli aja kalau males gorengnya)
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai rawit sesuai selera
  • Garam sesuai selera
  • Daun kemangi secukupnya

Cara membuat :

  • Haluskan bawang putih, cabai rawit dan beri garam sedikit
  • Masukan ayam crispi, dan digeprek bersama bumbu yang dihaluskan tadi.
  • Tambahkan daun kemangi dipenyet dengan ayam yang digeprek tadi.
  • Sajikan dalam 2 porsi

5. Pengen agak kebarat-baratan tapi gampang? Pizza Jawa yang sederhana dapat kamu sajikan tanpa keringat.

Pizza Jawa
Pizza Jawa

Pizza jawa adalah pizza yang dibuat dengan magic com. Kenapa jawa? Karena orang jawa terkenal karena keahliannya dalam membuat kreasi apapun yang dari luar nusantara. Nah, pizza magic com inilah salah satu buktinya.

Bahan:

  • terigu 1/4
  • gula 3 sdm
  • mentega 3 sdm
  • fernipan 1 sdm
  • telur 1 butir (tanpa telur juga bisa bun tetap enak)
  • susu dancow 1 bungkus seduh jadi setengah gelas

Cara Membuat Pizza Jawa/Magic Com

  1. Campur semua bahan sampai kalis bun lalu tutup dengan lap basah 1 jam.
  2. Setelah mengembang bagi adonan menjadi dua.
  3. Oles loyang magic com dengan mentega masukan adonan ke loyang lalu cook 2 kali ya bun.
  4. Cook pertama langsung beri topping.
  5. Aku pakai saos tomat, saos cabe, mayones, sosis, jagung, paprika, bawang bombay, pepaya, mentimun, tomat dan jagung atau apa saja yang bunda suka bisa jadi toping.
  6. Cook lagi magic comnya.
  7. Jadi deh dan siap disantap.
  8. Mudah dan murah kenyang pasti pengen bikin terus.

6. Untuk variasi sayur-semayur, kamu bisa membuat Pecel Madiun yang telah masyur seantero Indonesia.

Pecel Madiun
Pecel Madiun
Tiada yang dapat menandingi kemudahan membuat penganan yang satu ini. Sebabnya? Ya, kamu tak perlu ngulek bumbunya. Cukup beli aja di Toko Kelontong gang sebelah.
Bahan:
  • 250 gr bayam, siangi, buang batangnya
  • 250 gr tauge, bersihkan akarnya
  • 250 gr kacang panjang, potong 5 cm
  • 250 gr bunga turi, buang putiknya
Bumbu?
Beli di swalayan atau pasar terdekat
Campur dengan air
Aduk sampai rata
Beres!
Cara membuat
  1. Rebus bayam, bunga turi, kacang panjang, dan tauge bergantian dengan air mendidih. Tiriskan, sisihkan.
  2. Campur kacang tanah halus dengan bumbu lainnya Campur dengan air asam. Uleni dengan sendok hingga tercampur rata.
  3. Siapkan piring saji, susun sayuran rebus.
  4. Siapkan mangkok sambal, cairkan bumbu sambal dengan air. Sajikan.

 

Gimana? Mudah, Bukan? So, tunggu apa lagi? Pergilah ke pasar, nyalakan kompor, dan bermain-mainlah di dapur. Apa? Gak punya dapur? Di dapur tetangga juga boleh.

loading...