HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sepanjang Tahun 2015, Ini Dia Musisi Luar Negeri Paling Bersinar

23

HARIANACEH.co.id – Sejumlah nama musisi berhasil menjadi sorotan di sepanjang 2015 ini. Sebagian besar nama mereka semakin disorot karena karyanya di bidang musik tak diragukan lagi. Siapa saja mereka?

1. Taylor Swift

Tahun ini, Taylor Swift berhasil menjadi salah satu penyanyi dan penulis lagu terbesar di dunia. Berbagai penghargaan berhasil diraup pelantun Blank Space ini. Mulai dari Emmy Award, Brit Award, Billboard Music Award, hingga MTV VMA.

Taylor Swift juga tercatat berada di posisi kedua sebagai penyanyi dengan pendapatan tertinggi, yakni USD80 juta atau setara dengan Rp1 triliun.

Album Taylor yang berjudul “1989” berhasil meraup prestasi gemilang. Berdasarkan data yang dirilis Nielsen Music, “1989” menjadi album terlaris dalam satu dekade, dengan penjualan 5 juta keping di Amerika.

2. One Direction

Heboh hengkangnya Zayn Malik justru membuat nama boyband asal Inggris ini makin melejit. Album barunya, Made In the AM berhasil terjual sebanyak 459 ribu unit. Sayang, boyband yang terbentuk berkat ajang X Factor ini berencana vakum tahun depan.

3. Ed Sheeran

Tak terbantahkan lagi, Ed Sheeran adalah salah satu musisi yang tengah naik daun di tahun 2015. Penyanyi 24 tahun ini tercatat mengantongi 63 ribu Poundsterling atau sekitar Rp1,3 milar dari setiap gelaran konsernya.

Konser X Tour telah berlangsung selama 17 bulan. Jika ditotal, maka penyanyi asal Inggris ini telah mengumpulkan 6,2 juta Poundsterling (Rp130 miliar). Bahkan, atas prestasinya di dunia musik, Sheeran dianugerahi gelar doktor kehormatan dari University Campus Suffolk, Ipswich, Inggris.

4. Sam Smith

Tahun ini, Sam Smith berhasil mengukir prestasi luar biasa. Penyanyi asal Inggris ini memecahkan dua rekor Guinness World Records. Smith memecahkan rekor untuk lagu Writing’s On the Wall yang menjadi soundtrack James Bond terbaru,Spectre.

Lagu ini memecahkan rekor soundtrack James Bond pertama yang berhasil menggapai posisi puncak tangga lagu Inggris sepanjang 52 tahun sejarah film Bond. Tak hanya itu, albumnya yang berjudul In the Lonely Hour dinobatkan sebagai pemecah rekor album yang paling lama bertahan di UK Top 10 Album Charts.

5. Adele

Tidak butuh waktu lama bagi album 25 milik Adele untuk menjadi fenomena. Album yang baru dirilis pada 20 November itu langsung menuai prestasi. Hanya dalam waktu tiga hari, album tersebut terjual 2,43 juta kopi di Amerika Serikat.

Kesuksesan Adele di Amerika Serikat juga terjadi di Inggris. Di negerinya sendiri, Adele mengecap manisnya penjualan album dengan raihan 538 ribu kopi hanya dalam waktu 72 jam setelah rilis.

Kembalinya Adele di dunia musik memang mencatatkan rekor gemilang. Tercatat, video musik Hello telah ditonton lebih dari 102 juta kali, mengalahkan rekor Taylor Swift.

Pada titik tertingginya, Hello ditonton 1,6 juta kali dalam waktu satu jam, mengalahkan rekor cuplikan film Star Wars: The Force Awakens, yang ditonton sebanyak 1,2 juta kali.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat