HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Anak Terkena Anemia? Ini Cara Mengobatinya

4

HARIANACEH.co.id – Bayi rentan terserang anemia. Bila tak segera diobati dapat mempengaruhi tumbuh kembang si bayi. Kurangnya asupan makanan bergizi dan nutrisi tertentu menjadi penyebab lebih mudah terkena anemia.

Biasanya, anemia muncul di usia 9 sampai 24 bulan. Anda bisa mengecek gejala anemia dengan melihat kuku bayi yang cenderung rapuh, kurang nafsu makan, rewel dan mudah lelah. Apabila segera diobati, penyembuhan juga akan lebih mudah.

Namun, selain ke dokter masih ada cara alami untuk menyembuhkan anemia pada bayi Anda dengan cara menambah asupan zat besinya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Perbanyak besi

ASI kaya kandungan besi sehingga dengan menyusui bayi dapat mengurangi risiko anemia. Jangan lupa, untuk memberikan makanan lain yang punya kandungan besi lebih banyak seperti sereal, kuning telur, kacang-kacangan dan unggas.

2. Beri buah dan sayur yang kaya vitamin C

Ingat, sertakan juga buah dan sayur yang kaya vitamin C pada makanan hariannya. Seperti jambu biji, kiwi, alpukat, bayam, jeruk dan sayuran berdaun hijau. Vitamin C dianggap dapat menyerap zat besi lebih efektif di dalam tubuh.

3. Delima

Jus buah delima punya andil yang besar untuk pengobatan anemia pada bayi. Delima merupakan sumber yang kaya akan zat besi dan mineral. Tak hanya itu, delima juga mengandung vitamin C.

4. Jaggery

Jaggery bentuknya hampir mirip seperti gula jawa atau gula merah. Ini merupakan sumber paling terbaik untuk besi. Memberikan pada bayi, dapat meningkatan kadar hemoglobin dan mengurangi risiko anemia.

5. Bit

Buah bit punya manfaat yang besar untuk membersihkan tubuh dan pasokan oksigen. Selain itu, bit juga dapat meningkatkan kadar darah dalam tubuh dan secara efektif mengobati anemia.

loading...