HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kulit Bisa Cepat Menua Karena Sering Stres dan Depresi

1

HARIANACEH.co.id – Penuaan merupakan proses alami yang setiap orang pasti akan menghadapinya. Seiring bertambahnya usia, bagian tubuh pun akan menua. Namun, penuaan bisa muncul lebih cepat tergantung dengan gaya hidup, kondisi medis dan sikap emosional yang Anda jalani.

Penuaan tidak bisa dihindari. Tapi, para ahlli mengklaim masalah penuaan dapat dicegah dengan menjaga pola hidup sehat dan menyantap makanan yang bergizi.

Nah, apabila Anda merasa kulit bertambah tua lebih awal dari usia seharusnya, berarti inilah pemicunya.

1. Kesedihan mental

Stres, depresi, kecemasan dan kesedihan dapat membuat mental Anda tidak stabil. Apalagi stres dapat melemahkan kesehatan mental dan emosional seseorang. Mental bermasalah, kesehatan fisik pun akan terpengaruh sehingga mempercepat proses penuaan.

2. Konsumsi makanan tidak sehat

Menyantap makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji atau makanan yang tidak dibarengi sayur dan buah dapat menyebabkan kerusakan kulit, kerutan dan bahkan kanker.

3. Pola tidur buruk

Jam tidur yang tidak teratur juga dapat mempercepat proses penuaan. Tak hanya itu, Anda juga akan mengurangi tingkat waspada di otak. Jadi, pastikan Anda tidur maksimal 8 jam setiap harinya.

4. Merokok dan alkohol

Selain merusak ginjal dan paru-paru, rokok dan alkohol juga punya kontribusi yang besar terhadap keriput. Konsumsi banyak rokok dan alkohol mengarah pada hilangnya elastisitas kulit sehingga kulit terlihat kendor.

5. Kurang asupan antioksidan

Antioksidan hadir di dalam makanan tertentu. Apabila Anda tidak mengonsumsi makanan tersebut, maka asupan antioksidan di tubuh tidak mencukupi. Tak heran, bila kulit Anda cepat menua.

loading...