HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Menghadapai Masyarkat Ekonomi ASEAN Dengan Online Shop

12

Oleh: Yuhaniz M.Yusuf Angkasa [1]

Yuhaniz
Yuhaniz

HARIANACEH.co.id – Persaingan tenaga kerja dalam kehidupan bermasyarakat sangat ketat terutama untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam mendapatkan pekerjaan. MEA itu sendiri merupakan sebuah agenda integrasi ekonomi negara-negara ASEAN yang bertujuan untuk menghilangkan, jika tidak, meminimalisasi hambatan-hambatan di dalam melakukan kegiatan ekonomi lintas kawasan, misalnya dalam perdagangan barang, jasa, dan investasi. Dibutuhkan kreativas untuk menghadapi persaingan tersebut. Salah satu dari kreativitas tersebut bisa di dapatkan melalui hobi atau mengasah bakat yang sudah di miliki dengan cara menciptakan peluang kerja sendiri salah satunya Online Shop (OS).

Online Shop (OS) merupakan jual beli barang atau jasa secara online dan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menghadapi MEA. Pengertian Online Shopping sendiri adalah sebuah media yang memungkinkan customer membeli barang atau jasa secara langsung dari seller dengan media internet menggunakan web browser. Pemasaran bisa dilakukan melalui media massa seperti televisi atau new media berupa instagram, facebook, blackberry messenger dan line.

Pengertian Online Shop Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall (Didit Agus Irwantoko,2012). Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.

Jual beli melaui online dapat memudahkan masyarakat dalam berbelanja, karena penjual tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk keluar rumah hanya perlu menggunakan gadget saja. Selain itu, pengusaha yang memliki toko ataupun perindustrian juga dapat menggunakan metode OS untuk memasarkan produknya dan mendapatkan pembeli yang lebih luas tidak hanya di dalam daerah atau sekitar perindustrian saja. Usaha OS juga memerlukan teknik-teknik pemasaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga

MEA dan Tantangan SDM Aceh

Pemasaran suatu produk memerlukan lebih dari sekedar mengembangkan produk yang baik, menawarkan dengan harga yang menarik, dan membuatnya mudah di dapat oleh pelanggan sasaran. Perusahaan harus juga berkomunikasi (komunikasi pemasaran) dengan para pelanggan yang ada sekarang dan pelanggan potensial, pengecer, pemasok, pihak-pihak yang mempunyai kepentingan dengan perushaan tersebut, dan masyarakat umum. Dengan adanya teknik paling efektif yaitu dengan periklanan (iklan), menggunakan media (new media, media massa), pembentukan grup atau kelompok.

Untuk memulai usaha ini hanya memerlukan niat, usaha untuk pemasaran, tenaga, atm, dan gadget. Dan dalam akun sosial media kita dapat membuat grup agar dapat memudahkan orang untuk melihat koleksi OS kita. Tak hanya pengusaha OS namun, mahasiswa pun dapat berjualan secara online di gadget mereka untuk mendapatkan uang sampingan. Karena online shop ini banyak di minatin oleh kalangan muda dengan cara kerja yang praktis. Banyak barang yang dapat di jual belikan melalui online shop diantaranya : baju, tas, sepatu, acsesories, dan makanan

Penjualan secara online dengan mudah dapat menarik minat pembeli karna memalui gambar dan model yang di pakai serta keterangan dan kualitas barang yang di pasarkan. Os seperti penjualan baju, sepatu, aksesoris dapat pula di pasarkan melaui media masa seperti televisi. Iklan-iklan online yang begitu banyak di televisi seperti situs penjualan online terbaiki yaitu Tokopedia, buka lapak, olx, berniaga, elevenia, zalora, belanja.com barang-barang dalam situs terbaik ini dapat terpercaya karena memiliki keterangan yang detail sehingga dapat meyakinkan para pembelinya.

Selain memudahkan penjual Online shoping juga memudahkan pembeli. OS memiliki banyak kelebihan diataranya adalah hemat tenaga tidak perlu repot mengantri di kasir pembayaran. Belum lagi jika toko yang dikunjungi ramai pembeli, juga akan menunggu untuk dilayani oleh penjaga toko tersebut. Sedangkan jika belanja melalui onlie, kita bisa ‘melayani diri sendiri’ dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama. Menghemat waktu dan tenaga, tidak perlu berkeliling mal atau toko,cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka internet dan tentu saja akan terhindar dari kemacetan jalan raya. Juga dapat menghemat waktu, kita juga dapat membandingkan harga di toko dan situs online lainnya, tidak repot, tidak bertatap muka,

Namun, OS juga memliki kekurangan bagi para pembeli diantaranya adalah adanya penipuan situs atau aplikasi OS, contohnya setelah melakukan pembayaran barang dan barang tidak dikirimkan, akan tetapi OS yang jujur itu akan memliki resi pengiriman apabila barang benar-benar sudah dikirim bukti tersebut biasanya akan di share ke facebook OS yang di gunakan. kualitas atau fisik barang tidak sesuai seperti yang di harapkan, karna sebagian besar gambar dan kualitas asli berbeda, adanya ongkos kirim dikarenakan barang yang di beli jauh dari daerah, barang yang di beli tidak dapat di coba secara langsung, dan membutuhkan kesabaran beberapa hari menuggu barangnya sampai.

Online shop menjadi salah satu usaha yang terbilang mudah untuk menghadapi persaingan di Indonesia. MEA bukanlah sebuah halangan untuk mendapatkan atau bahkan menciptakan sebuah peluang kerja, namun sebaliknya MEA merupakan sebuah tantangan untuk menunjukkan seberapa hebatnya kita dalam meciptakan sebuah peluang kerja baik dengan OS maupun pekerjaan lainnya. karena OS merupakan salah satu pekerjaan yang mudah untuk MEA dengan OS ini MEA tidak memerlukan banyak modal untuk memulai suatu usaha hanya dengan memiliki gadget dan tersambung oleh jaringan internet.


CATATAN KAKI:
  1. Penulis adalah mahasiswa universitas malikussaleh fakultas ilmu sosial dan politik jurusan ilmu komunikasi.
loading...