HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Praktik Pengambilan Organ Tubuh Manusia Dilakukan ISIS

0

HARIANACEH.co.id – Kelompok militan Islamic State (ISIS) dilaporkan telah menyetujui praktik pengambilan organ tubuh manusia. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran ISIS terlibat dalam perdagangan organ tubuh.

Sebelumnya, perintah mengenai pengambilan organ tubuh ini diungkapkan berdasarkan dokumen milik ISIS yang didapat oleh pihak Amerika Serikat (AS). Tidak jelas keaslian dari dokumen yang diperoleh AS tersebut.

Reuters yang mendapatkan dokumen itu, juga tidak bisa menjamin keaslian dokumen. Namun pihak pejabat AS mengatakan dokumen ini termasuk dari data dan informasi milik ISIS yang diperoleh dari pasukan AS yang melakukan serangan ke wilayah timur Suriah pada Mei.

Dalam dokumen tertanggal 31 Januari 2015 itu disebutkan, ISIS membenarkan untuk mengambil organ dari tawanan yang hidup untuk diserahkan kepada seorang Muslim. Hal itu ditujukan untuk menyelamatkan nyawa seorang Muslim yang dilanda sakit.

“Kehidupan seorang murtad tidak perlu diharga dan organ mereka bisa diambil,” sebut isi dari dokumen itu, seperti dikutip Reuters, Jumat (25/12/2015).

“Mengambil organ dari tawanan tidak dilarang dalam praktiknya,” sebut fatwa nomor 68 yang disebutkan dalam dokumen tersebut.

Dokumen itu tidak memberikan bukti bahwa ISIS benar-benar terlibat dalam panen organ manusia atau praktik penjualan organ. Namun dari dokumen menunjukkan bahwa ada sanksi karena melakukan hal itu.

Sebelumnya Irak menuduh ISIS melakukan praktik panen organ manusia. Selain itu, ISIS juga dituduh mengambil keuntungan dari penjualan organ.

loading...