HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Hal-Hal Yang Menyebabkan Anda Telat Haid

2

HARIANACEH.co.id – Telat haid selalu disangkutpautkan dengan kehamilan. Padahal, menurut bidan Mary Rosser, telat haid belum tentu karena hamil.

1. Perubahan berat badan

Berat badan yang tiba-tiba turun dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Tidak hanya berlaku untuk berat badan turun, saat berat badan naik pun periode Anda bisa tidak tetap. Kenaikan kadar estrogen memicu Anda terlambat menstruasi.

2. Melakukan olahraga ekstrem

Sama seperti perubahan berat badan, olahraga ekstrem juga dapat memicu hormon reproduksi Anda tidak sinkron. Umumnya ini terjadi pada atlet dan penari.

3. Stres

Stres fisik dan mental berdampak besar pada perubahaan pola menstruasi. Saat Anda sedang banyak pikiran, jangan heran jika Anda tidak mengalami haid pada bulan tersebut. Setelah stres teratasi, siklus haid akan kembali normal.

4. Obat

Obat-obat tertentu kadang menyebabkan ketidakteraturan menstruasi. Obat kemoterapi atau pil KB berdampak membuat Anda terlambat haid.

5. Masalah tiroid

Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif (kelenjar di leher yang membantu mengatur metabolisme dan suhu tubuh) juga bisa berefek pada siklus haid. “Ketika kadar hormon tiroid yang luar biasa tinggi atau rendah, ini dapat menyebabkan perubahan menstruasi,” kata Dr Rosser.

6. Perimenopause

Saat menopause, perempuan tidak lagi mengalami menstruasi. Menjelang fase ini, Anda akan mengalami menstruasi tidak teratur.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time