HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Today in History: Tampil Tanpa Pemain Asal Inggris, Chelsea Catat Sejarah

2

HARIANACEH.co.id – Chelsea mencetak sejarah baru di persepakbolaan Inggris saat tampil melawan Southampton pada laga Boxing Day Liga Primer Inggris musim 1999–2000. The Blues jadi tim asal Inggris pertama yang menurunkan starting IX tanpa pemain asal Inggris.

26 Desember 1999 atau tepat hari ini 16 tahun yang lalu, Chelsea yang kala itu diarsiteki pelatih asal Italia, Gianluca Vialli membuat heboh publik Inggris. Vialli secara mengejutkan tidak memasukkan satu pun pemain asal Inggris dalam line-up tim melawan Soton. Ini merupakan kali pertama terjadi dalam sejarah sepak bola Inggris.

Namun, hal ini bukan sepenuhnya kemauan Vialli. Dia terpaksa melakukan itu lantaran beberapa pemain asal Inggris yang jadi pemain kunci seperti Chris Sutton dan Dennis Wise (pemain terbaik Chelsea tahun 1998) tidak bisa bermain karena terserang flu.

Komposisi starting IX Chelsea kala itu antara lain; Ed De Goey (Belanda), Albert Ferrer (Spanyol), Frank Leboeuf (Prancis), Emerson Thome (Brasil), Dan Petrescu (Rumania), Celestine Babayaro (Nigeria), Gus Poyet (Uruguay), Didier Deschamps (Prancis), Roberto Di Matteo (Italia), Gabriele Ambrosetti (Italia), dan Tore André Flo yang berasal dari Norwegia.

Tampil mengandalkan seluruh pemain asing, Chelsea berhasil memetik kemenangan tipis 2-1. Tore Andre Flo jadi bintang kemenangan The Blued dengan dua golnya (menit ke-18 dan 43). Adapun, satu gol balasan Soton dicetak Kevin Davies.

Fenomena pemain asing ini akhirnya berakhir pada menit ke-74 saat Vialli memasukkan Jon Harley (pemain asal Inggris) untuk menggantikan Ambrosetti.

loading...