HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Utara Afghanistan Diguncang Gempa Berkekuatan 6,3 SR

3

HARIANACEH.co.id – Gempa berkekuatan 6,3 skala richter mengguncang Afghanistan bagian utara. Getaran gempa terasa hingga India.

Berdasarkan US Geological Survey yang dilansir bbc.com, pusat gempa berada di Provinsi Badaskhshan. Provinsi bagian utara Afghanistan ini berbatasan dengan Pakistan.

Belum jelas kerugian dan korban jiwa di pusat gempa akibat gempat ini. Namun, setidaknya 17 orang terluka di Kota Peshawar, Pakistan. Gempa cukup kuat terasa di Peshawar.

Masyarakat di Ibu Kota Afghanistan Kabul dikabarkan berhamburan ke jalanan akibat gempa yang terasa begitu kuat. Hal yang sama juga terjadi dengan masyarakat Ibu Kota Pakistan, Islamabad.

“Di Peshawar beberapa rumah tua dan dinding-dinding runtuh,” kata Kepala Otoritas Manajemen Bencana Pakistan Hamid Nawaz kepada AP, Sabtu (26/12/2015).

Provinsi Badskhshan telah berulang kali dilanda gempa. Ratusan orang menjadi korban karena gempa yang melanda wilayah itu 26 Oktober, lalu.

Wilayah ini kerap mengalami gempa karena merupakan wilayah gesekan antara lempengan India dan Eurasia. Dua lempengan ini saling bergeser sejaun 4 hingga 5 centimeter dalam setahun.

Pada 2005, gempa berkekuatan 7,6 SR juga mengguncang wilayah Kashmir. Sekitar 75.000 orang meninggal karena gempa itu. Sedangkan April tahun ini, gempa juga mengguncang NEpal. 9000 orang dilaporkan meninggal dan 900 ribu rumah rusak dan hancur.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat