HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

AS Tangkap Pria yang Akan Serang Warga Di Malam Tahun Baru

2

HARIANACEH.co.id – Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan rencana pria asal Rochester yang ingin membunuh warga di malam Tahun Baru. Pria itu bermaksud melakukan serangan di bar dan restoran di New York.

Pria yang ditangkap ini, diklaim memiliki kaitan dengan kelompok Islamic State (ISIS). Emanuel Lutchman, 25, didakwa karena berusaha untuk memberikan dukungan material kepada ISIS, dan dihukum hingga 20 tahun penjara juga denda sebesar USD 250 ribu.

“Malam Tahun Baru ini menggarisbawahi ancaman ISIS bahkan di New York. Tetapi kami menunjukkan tekad kami untuk segera menghentikan yang akan menyebabkan kerusakan atau apapun,” kata Jaksa AS untuk Distrik New York Barat, William Hochul, seperti dikutip CNN, Kamis (1/1/2016).

Lutchman diduga menerima arahan dari anggota ISIS di luar negeri dan berencana menyerang warga untuk mengajak bergabung dengan ISIS. New York mengumumkan pada Kamis 1 Januari untuk membatalkan perayaan kembang api dan menambah polisi untuk patroli.

Pengumuman ini datang dari Presiden AS Barack Obama yang telah berusaha untuk menenangkan ketakutan yang dibangun akibat serangan teroris di San Bernardino 2 Desember lalu. Sementara itu ia juga meyakinkan AS dalam strateginya melawan ISIS.

Obama diberitahu tentang ancaman teror yang mungkin menargetkan tiga kota besar di AS pada Natal dan Tahun Baru.

loading...