HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Obesitas Bisa Juga dari Konsumsi Makanan Sehat?

10

HARIANACEH.co.id – Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi makan sehat tidak cukup untuk untuk mengontrol obesitas. Faktor porsi ternyata juga menentukan.

Studi ini menjelaskan bahwa kebanyakan orang makan terlalu banyak saat mengonsumsi makanan yang sehat. Mereka berpikir adalah baik mengonsumsi makanan sehat sebanyak mungkin, apalagi ketika makanan tersebut tidak mengenyangkan.

Penelitian juga mengklaim bahwa sebagian besar makanan yang beredar di pasar dengan label ‘makanan sehat’ membuat orang berpikir bahwa semakin banyak mengonsumsi makanan tersebut akan semakin sehat.

Para peneliti juga melakukan investigasi terhadap perasaan yang sering dipertanyakan, yakni pertanyaan ‘mengapa kita berpikir bahwa makan sehat kebanyakan tidak mengenyangkan?’

Pada putaran pertama, yang diikuti 50 orang, para peserta disuguhi dua macam kue yang berlabelkan ‘sehat’ dan ‘tidak sehat’. Untuk menguji tingkat kelaparan, para peserta disuruh menonton sebuah film. Selama kegiatan berlangsung, para peneliti memperhatikan asupan yang masuk ke dalam mulut masing-masing grup.

Hasilnya, ternyata para peserta memang menganggap bahwa makan sehat dan tidak mengenyangkan sehingga mereka terus mengonsumsinya agar perut terisi. Selain itu, perilaku makan juga dipengaruhi pada label yang tertera pada makanan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pola makan sehat yang tak terkontrol porsinya ternyata memang dapat menyebabkan obesitas.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat