HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pabrik Sagu Terbesar di Indonesia Diresmikan Presiden Jokowi

13

HARIANACEH.co.id, SORONG — Pabrik sagu terbesar di Indonesia akan segera diresmikan Presiden Joko Widodo, tepatnya pabrik Sabu tersebut berada di Distrik Kais, Sorong Selatan, Papua Barat, Jumat (1/1/2016). Pabrik sagu milik Perhutani ini siap beroperasi sejak 31 Desember 2015.

Pantauan Metrotvnews.com, ratusan tentara dan kepolisian dengan persenjataan lengkap telah berjaga untuk mengamankan peresmian ini sejak jauh-jauh hari. Mereka ikut membantu kontraktor proyek pabrik sagu membangun tiga helipad untuk pendaratan helikopter Super Puma milik TNI AU yang membawa Presiden dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Spanduk menyambut kedatangan Presiden telah terpasang di area pabrik seluas 8 hektare ini. Pabrik bernilai Rp 112 miliar itu mulai tahap perencanaan sejak 2013, namun baru dibangun pada 2014 awal.

Jokowi rencananya tiba sekitar pukul 15.00 WIT. “Iya besok rencananya sore jam 3,” kata General Manager Perhutani Papua, Ronald Guido Suitela di pabrik sagu Perhutani, Kamis (31/12/2015) malam.

Pabrik sagu terbesar di Indonesia ini memiliki kapasitas 100 ton per hari atau 6 ribu tual per hari. Namun, pengoperasian penuh baru dilakukan 2017 mendatang.

Tahun 2016, pabrik hanya mengolah sagu sebanyak 50 ton per hari atau setengah dari total kapasitas. Sebab, mesin pengolahannya masih dalam tahapan commissioning.

Dalam prosesnya, pabrik mendapatkan bahan mentah sagu dari warga Kais. Lalu, sagu diolah menjadi tepung sagu kering. Tepung ini nantinya dijual ke seluruh wilayah Indonesia.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat