HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pesta Kembang Api di New York Dibatalkan Akibat Ancaman Teror ISIS

3

HARIANACEH.co.id – Pemerintah New York membatalkan perayaan pesta kembang api Tahun Baru di New York, Amerika Serikat (AS) pada menit-menit terakhir. Pembatalan diumumkan setelah FBI menggagalkan rencana ISIS yang akan melakukan serangan di sebuah restoran.

Sementara acara utama di New York City Times Square akan tetap berlanjut, perayaan kembang api di bagian utara dari Rochester telah dihentikan sehingga polisi dapat dikerahkan.

“Puluhan petugas kepolisian bisa dikirim ke daerah-daerah lain di New York,” ungkap Wali Kota New York Lovely Warren, seperti dikutip Express, Kamis (1/1/2016).

Perayaan lainnya termasuk sebuah acara es skating akan tetap berjalan seperti yang direncanakan sebelumnya. Warren mengatakan tidak ada ancaman langsung ke publik.

Muncul hanya beberapa jam menjelang perayaan Tahun Baru diduga ada pendukung Islamic State (ISIS) bernama Emanuel Lutchman dengan rencana membunuh warga pada malam Tahun Baru.

Lutchman dijerat maksimal 20 tahun penjara dan denda sebesar USD250 ribu.

“Ini sebagian upaya Lutchman untuk memberikan dukungan material kepada ISIS. Ia berencana membunuh para warga sipil yang tak berdosa di malam Tahun Baru atas nama organisasi teroris,” tegas Asisten Jaksa Agung untuk Keamanan Nasional John P. Carlin.

“Untungnya penegakan hukum mampu mengatasi dan menggagalkan rencana mematika Lutchman tersebut,” lanjutnya lagi.

Secara terpisah, perayaan malam Tahun Baru di Brussels juga dibatalkan karena ancaman teror.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time