HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Cara Alami dan Efektif Hilangkan Kutil

3

HARIANACEH.co.id – Kutil atau tag kulit biasanya tumbuh di mana saja termasuk wajah, lengan, perut hingga ketiak. Biasanya, pengidap diabetes dan obesitas yang berusia di atas 50 tahun cenderung mengembangkan kutil di tubuhya.

Kutil muncul akibat akumulasi dari pembuluh darah dan serat kolagen. Meskipun tidak sakit, kutil bisa menimbulkan ketidaknyamanan apalagi bila tumbuh di bagian wajah.

Operasi menyingkirkan kutil sudah banyak dilakukan, tapi tidak ada yang bisa mengalahkan pengobatan secara alami. Ya, masalah kutil bisa diobati dengan cara berikut.

1. Cuka sari apel

Sifat asam cuka mampu memecah sel-sel dan jaringan kutil dengan cepat. Oleskan cuka sari apel menggunakan kapas pada kutil dalam beberapa kali sehari.

2. Minyak pohon teh

Kandungan dari minyak pohon teh efektif mengobati masalah gangguan kulit termasuk kutil. Menerapkan minyak yang memiliki sifat antibakteri  dan anti jamur ini bisa menghilangkan kutil dengan mudah.

3. Jeruk nipis

Kehadiran asam sitrat  di dalam jeruk nipis mampu mengikis kutil dengan efektif.
.
4. Bawang putih

Enzim alami yang ada dalam bawang putih dapat menyusut dan mengeringkan kutil. Anda perlu menghaluskan bawang putih sebelum diterapkan pada kutil. Ingat, bilas setelah didiamkan beberapa saat.

5. Nanas

Nanas juga punya sifat asam yang membantu singkirkan jaringan dan sel-sel kutil lebih efektif. Sama seperti bawang putih, sebelum mengoleskannya, Anda perlu menghaluskannya terlebih dahulu.

6. Lidah buaya

Lidah buaya terbukti dapat menghilangkan kutil tanpa rasa sakit juga iritasi. Properti antiinflammtory dan antioksidan lidah buaya membantu untuk menghapus kutil secara alami. Oleskan gel lidah buaya tiga kali sehari untuk hasil terbaik.

loading...