HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kelompok Bersenjata Serang Pangkalan Militer India

2

HARIANACEH.co.id – Setidaknya dua orang pria bersenjata dan seorang penjaga, tewas ketika terjadi serangan di Pangkalan Udara India. Pangkalan itu berdekatan dengan perbatasan India dan Pakistan.

Pihak Kementerian Pertahanan India mengatakan, empat pria bersenjata masuk dari wilayah Pakistan dan masuk ke Pangkalan Udara Pathankot. Dua dari pelaku penyerangan dipastikan tewas.

Diduga aksi ini merupakan upaya untuk menentang dialog antara kedua pemimpin negara, yang melakukan negosiasi mengenai senjata nuklir. Mengingat serangan terjadi sepekan setelah pertemuan singkat antara PM India Narendra Modi dan PM Pakistan Nawaz Sharif.

“Saat di mana Modi mendarat di Lahore (Pakistan), sesuatu seperti (serangan) ini akan terjadi,” ujar Pengamat dari The Wilson Center, di Washington, Michael Kugelman, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/1/2016).

“Untuk titik ini, ada itikad baik dari India-Pakistan untuk mengatasi serangan. Para pelaku sabotase tidak akan menang,” tegasnya.

Sementara Kepala Polisi Perbatasan India Vijay Singh mengatakan, operasi untuk memberantas pelaku penyerangan berlangsung selama tiga jam. Pangkalan udara tengah disisir untuk memastikan nasib dari pelaku serangan lainnya.

Berdasarkan laporan, pelaku penyerangan menggunakan seragam militer. Diduga kelompok militan Pakistan berada di balik serangan, tetapi tidak ada ancaman terhadap warga sipil dalam serangan tersebut.

loading...