HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pejabat Bareskrim Dirombak, 7 Kapolda Diganti, Ada Apa?

4

HARIANACEH.co.id – Sebanyak tujuh Kapolda dimutasi. Hal itu tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/2718/XII/2015 tertanggal 31 Desember 2015.

Dalam TR Kapolri yang ditandatangani Wakapolri Komjen Budi Gunawan itu, mereka yang dipindah tugaskan adalah Kapolda Sumatera Selatan Irjen Iza Fadri. Iza dimutasi menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik. Dia digantikan Irjen Djoko Prastowo yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen Polri.

Posisi Djoko diisi Brigjen Lutfi Lubihanto yang sebelumnya Kapolda Jambi. Brigjen Musyafak yang asalnya Wakapolda Jawa Tengah menggantikan Lutfi.

Kapolda Maluku segera dijabat Brigjen Ilham Sahudin yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sumatera Utara. Ilham menggantikan Murad Ismail yang dipercaya menjadi Kepala Korps Brimob Polri.

Brigjen Bambang Sri Herwanto dimutasi dari Kapolda Sumatera Barat menjadi Direktur Program Pascasarjana PTIK-STIK. Dia digantikan Brigjen Basarudin.

Polda Riau juga mengalami peralihan pimpinan. Dari yang asalnya dipimpin Brigjen Arman Depari segera beralih ke Brigjen Sambudi Gusdian, kini Wakil Kepala Korps Lalu Lintas Polri. Adapun Arman ditunjuk menjadi Deputi Pemberantasan BNN menggantikan Irjen Deddy Fauzi el Hakim. Posisi Sambudi akan diisi Kombes Indrajit.

Sementara Kapolda Lampung kini dijabat Brigjen Ike Edwin yang sebelumnya Wakil Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat. Ike menggantikan Brigjen Edward Syah Pernong yang dimutasi menjadi analis kebijakan utama Sahli Kapolri.

Sedangkan di Nusa Tenggara Timur, Kapolda NTT Brigjen Endang Sunjaya menyerahkan posisinya ke Brigjen E Widyo Sunaryo. Nama yang terakhir disebut awalnya adalah Kepala Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Masyarakat Polri. Endang dipromosikan menjadi Irwil III Itwasum Polri.

Bareskrim

Selain tujuh Kapolda, Mabes Polri juga merombak susunan pejabat di Badan Reserse Kriminal (Bareskrim). Di antaranya, Direktur Tindak Pidana Umum Brigjen Carlo Brix Tewu akan menjadi pejabat di Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan. Posisinya sebagai direktur di Bareskrim digantikan Brigjen Agus Andrianto.

Lalu, Direktur Tindak Pidana Narkoba Brigjen Anjan Pramuka Putra digantikan Brigjen Antam Novambar yang kini menjabat Karo Korwas Bareskrim. Anjan, yang lama berkecimpung di Bidang Reserse Narkoba akan bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN). Dia akan menjadi anak buah Komjen Budi Waseso.

Segera Dilantik

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Agus Rianto membenarkan mutasi tersebut. Dia menuturkan mutasi adalah hal biasa dalam rangka penyegaran organisasi di kepolisian.

“Iya. Ini mutasi biasa,” kata Agus, Sabtu (2/1/2016).

Agus menuturkan pejabat yang baru akan segera dilantik. “14 hari setelah terbitnya telegram Kapolri,” tukas dia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time