HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sehari, Kerajaan Arab Saudi Eksekusi Mati 47 Orang

13.195

HARIANACEH.co.id — Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu 2 Januari dikabarkan melakukan eksekusi mati. Tidak tanggung-tanggung, 47 orang dieksekusi mati dalam satu hari.

Menurut pihak Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, 47 orang yang dieksekusi sebagian besar didakwa terorisme. Termasuk yang dieksekusi adalah ulama Nimr al-Nimr.

Nimr dianggap sebagai otak dari protes anti-pemerintah yang terjadi pada 2011. Eksekusi terhadap Nimr mengundang kecaman dari warga minoritas Syiah.

Tetapi daftar eksekusi mati tidak menyebutkan keponakan dari Nimr, Ali al-Nimr. Remaja berusia 17 tahun itu ditangkap pula saat turut serta dalam protes.

“47 orang ini dieksekusi mati karena menjalankan perintah radikal ‘tafkiri’. Mereka juga ada yang bergabung dengan organisasi teroris dan merencanakan plot kejahatan,” pernyataan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, seperti dikutip AFP, Sabtu (2/1/2015).

Usai Ulama Syiah Dieksekusi Mati Arab Saudi, Timur Tengah Bergejolak

Termasuk yang dieksekusi mati adalah warga yang didakwa terlibat serangan Al Qaeda di 2003 dan 20014. Serangan di Arab Saudi itu menewaskan warga Arab Saudi dan warga asing lainnya.

Sebagian besar yang dieksekusi mati adalah warga Arab Saudi. Sedangkan warga asing yang dieksekusi mati adalah warga Mesir dan Chad.

Iran pun bersuara keras mengenai eksekusi mati ini. Khusus untuk eksekusi Nimr, Iran melontarkan peringatan yang berisi sedikit ancaman.

Pada Oktober 2015 Mahkamah Agung menolak banding atas keputusan eksekusi mati Nimr. Tokoh Syiah yang dianggap vokal di Arab Saudi ini, memicu aksi demo anti-pemerintah yang menewaskan tiga orang.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time