HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terang dan Ceria Warnai Tren Busana 2016

10

HARIANACEH.co.id – Warna adalah salah satu unsur busana yang akan menentukan bagaimana tren fesyen dalam setahun ke depan. Untuk 2016, tak ada lagi warna netral yang akan menghiasi panggung fesyen dunia.

Para perancang busana, baik lokal maupun internasional, telah mengungkapkan warna apa yang akan mereka usung pada tahun 2016. Berikut rangkumannya.

Dilansir Marie Claire, warna yang bersemangat atau tegas akan mewarnai karya busana desainer ternama seperti Christopher Kane, Gucci, Balmain and Dries Van Noten dengan efek grafis, misalnya corak bintang, yang berada di bawah label Gucci.

Motif garis pun akan tetap berjaya di tahun ini, meskipun dengan variasi berpotongan, melingkar, atau melebar.  Missoni, Roksanda dan Prada adalah beberapa label busana yang telah memastikan motif ini eksis.

Lousi Vuitton dan JW Anderson akan tetap memakai jenis kain yang selalu menjadi primadona di saat mesim semi yakni kain yang mengilap. Dengan memakai tambahan konsep cermin, JW Anderson sedikit berbeda dengan Louis Vuitton yang mengusung mini dress dengan bahan runched foil.

Sementara itu, Pantone telah menentukan tema warna tahun ini, yaitu ‘serenity’ dan ‘rose quartz’. Serenity lebih mengarah ke warna biru muda, sementara rose quartz adalah pink lembut. Pantone menjelaskan bahwa perkembangan tren memberi tantangan pada presepsi tradisional tentang campuran warna.

“Banyak bagian dalam dunia di mana kit amengalami kekaburan gender yang berhubungan dengan dunia fesyen, hal ini memberi dampak pada tren warna di seluruh wilayah desain,” ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute, dilansir ABC News.

Ia menambahkan pemilihan warna bertepatan dengan gerakan sosial menuju kesetaraan gender yang akan meningkatkan kenyamanan konsumen dengan menggunakan warna sebagai bentuk ekspresi pada generasi yang tidak peduli pada pendapat sekitar dan pertukaran terbuka informasi digital yang telah membuka mata untuk pendekatan yang berbeda dalam hal penggunaan warna.

Kepada Instyle, Pantone juga menjelaskan 10 warna yang akan ‘berkuasa’ di tahun 2016, yaitu:

  1. Buttercup yang nenampilkan kesan senang dan bersinar
  2. Fiesta yang memberi kesan bersemangat dan semangat yang bebas
  3. Green flash yang memberi kesan unik, terbuka, dan tak terduga
  4. Iced coffee yang memberi kesan bersahaja, lembut, halus, stabil
  5. Lilac grey yang memberi kesan netral namun tidak tenang
  6. Limped shell yang memberi kesan jelas, bersih, terdefinisi, segar, renyah, dan modern
  7. Peach echo yang memberi kesan ramah, hangat, dan mudah diterima
  8. Rose quartz yang memberi kesan lembut, penuh kasih, sabar, reflektif, dan ringan
  9. Serenity yang memberi kesan menenangkan, terpercaya, dan dapat diandalkan
  10. Snorkle Blue yang memberi kesan santai dan pelarian

Di Indonesia, Ayla Dimitri sebagai salah satu fashion stylist pun setuju bahwa warna terang akan ngetren di tahun 2016. Menurutnya, warna monochrome pun akan digantikan dengan warna yang lebih playful dan ceria.

Ayla menambahkan, tahun 2016 nanti akan lebih banyak bermain tabrak motif atau biasa disebut crashing prints. Bagian atasan dan bawahan akan memiliki corak yang berbeda, namun tetap terlihat apik dengan penggunaan warna yang tepat.

“Di musim spring and summer 2016 nanti, selain crashing prints juga akan bermain di warna-warna yang menantang dan berani,” pungkasnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat