HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tiongkok Bentuk 3 Unit Baru Lakukan Modernisasi Militer

4

HARIANACEH.co.id – Tiongkok membentuk tiga bentuk unit militer baru, sebagai bagian untuk memodernisasi kekuatan militernya. Ini juga ditujukkan untuk meningkatkan kapasitas tempur militer Tiongkok.

Presiden Xi Jinping menyerahkan tiga bendera militer, kepada tiga pimpinan unit yang baru. Tiga unit baru tersebut antara lain, komando baru Angkatan Darat Tiongkok, unit kesatuan misil dan pasukan pendukung strategis.

“Tiga unit baru ini dibentuk sebagai reformasi modernisasi dan menyadari impian Tiongkok tentang militer yang kuat,” ujar Xi Jinping dalam upacara itu, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (2/1/2015).

Kekuatan militer Negeri Tirai Bambu saat ini mencapai 2,3 juta personel. Namun ada rencana untuk mengurangi 300 ribu personel.

Presiden Xi merupakan sosok di balik ide “Impian Tiongkok” yang melibatkan “pembaharuan dari bangsa Tiongkok”. Militer yang kuat dianggap sebagai kunci ide tersebut.

Reformasi militer dilakukan di saat Tiongkok makin sering melakukan penekanan dalam mengklaim wilayah di Laut China Timur dan Laut China Selatan. Ulahnya itu menciptakan ketegangan dengan negara tetangga.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat