HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kodim 0103/Aceh Utara Berhasil Bedah 10 Unit Rumah Tidak Layak Huni

9

HARIANACEH.co.id, LHOKSEUMAWE – Kodim 0103/Aceh Utara telah menyelesaikan program bedah Rumah Tidak Layak Huni di beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Utara. Setidaknya ada 10 unit Rumah yang tidak layak huni telah selesai di bedah pada penghujung tahun 2015.

Salah satu rumah yang dibedah yaitu milik saudara Nurdin (52 thn) di Desa Baloi Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe yang saat itu di tinjau oleh Dandim Dandim 0103/Aut Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono didampingi Danramil Blang Mangat dan para Perwira Staf Kodim, Sabtu (02/01/2016).

Saat kunjungannya, Dandim mengatakan bahwa rumah ini ditunjuk untuk dibedah karena dinilai memang tidak layak dihuni oleh 8 anggota keluarga dan sangat memprihatinkan sekali. Untuk diketahui, ukuran rumah sebelum dibedah 2×3 meter persegi, namun setelah direhab menjadi 6×6,5 meter persegi.

“Kami sekeluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada pak tentara..yang telah memperluas dan memperbaiki rumah kami,” kata Nurdin.

Selain itu, Dandim juga mengatakan bahwa Program bedah rumah ini merupakan kerjasama antara TNI dengan Kementrian Sosial RI dalam program kegiatan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSTLH).

Memiliki rumah/hunian yang sehat sebagai tempat tinggal yang baik aman sebagai tempat berlindung, memenuhi rasa kenyamanan dan menjaga privasi setiap anggota keluarga, merupakan media bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga dan ini merupakan keinginan bagi semua orang, namun untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah, permasalahan ekonomi hingga pendapatan atau penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari yang jauh di bawah rata-rata dapat menghambat tercapainya kesejahteraan tersebut. Selain itu, lingkungan yang kumuh atau sarana prasarana lingkungan yang minim dapat menyebabkan masalah sosial dan kesehatan.

Oleh sebab itu, kepedulian seluruh komponen masyarakat baik pemerintah pusat maupun daerah, pengusaha, LSM, masyarakat lainnya memiliki peran serta untuk menangani masalah tersebut, guna membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu.

“Mari kita bersama-sama bersinergi, mengentaskan kemiskinan dan saling bahu membahu membantu meningkatkan kesejahteraan tarafhidup saudara-saudara kita yang kurang mampu,” ungkap Dandim dalam keterangan persnya yang diterima HARIANACEH.co.id.

Selain program RTLH, Kodim 0103/Aut juga melanjutkan pembuatan jambanisasi sebanyak 25 unit dan pembuatan kandang kambing serta kolam lele di 4 titik yang tersebar di wilayah Kodim Aceh Utara.(rel)

Komentar
Sedang Loading...
Memuat