HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Today in History: Muncul di Sampul Rokok Wajah Mirip John Terry

3

HARIANACEH.co.id – Banyak cara dilakukan oleh perusahaan dagang untuk mempromosikan produk  kepada masyarakat. Salah satunya dengan menggunakan publik figur sebagai bintang iklan.

Perusahaan rokok asal India, Gold Flake mencoba memasarkan produknya dengan cara seperti itu. Tapi cara mereka melakukannya tidak bisa dibenarkan. Sebab, Gold Flake menggunakan wajah yang mirip bek Chelsea, John Terry secara ilegal.

Awal cerita, Gold Flake mengeluarkan rokok dengan kemasan baru pada 3 Januari 2012. Ketika itu, mereka tiba-tiba menjadi obrolan publik karena memasang wajah menyerupai Terry di dalam kemasan rokok sebagai kampanye antirokok.

Wajah Mirip John Terry Muncul di Sampul Rokok

Kejadian itu akhirnya sampai ke telinga perwakilan Terry. Tanpa menunggu waktu lama, pengacara Terry langsung melayangkan gugatan hukum kepada Gold Flake.

“Kami sudah membicarakan masalah ini dengan klien kami (Terry) dan dia menginstruksikan untuk melakukan aksi hukum,” kata Keith Cousins dari Elite Management seperti dikutip Indian Express.

Wajah Terry sebetulnya dibuat buram di kemasan rokok tersebut. Terry terlihat ada di bagian atas bungkus rokok tanpa menggunakan pakaian. Gold State menggunakan profil Terry sebagai kampanye dengan slogan “Smoking Kills” ketika itu.

Wajah Mirip John Terry Muncul di Sampul Rokok

Pihak Golden Flake merasa tidak menyalahi aturan. Bahkan mereka sesumbar sudah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan India untuk menggunakan pria yang terpampang di rokok tersebut.

“Kementerian Kesehatan (India) sudah mengeluarkan klarifikasi mengenai masalah ini. Menurut mereka, ini tak ada hubungannya dengan John Terry,” kata pejabat Direktorat Audio dan Publisitas Visual India yang tak mau disebutkan namanya kepada Indian Express.

Pihak Direktorat Iklan Publik di India juga merasa tidak ada yang salah dalam kampanye tersebut. “Tetapi, bagaimana mungkin ketahuan? Foto yang diduga Terry itu sangat buram,” tambah K S Dhatwalia selaku wakil sekretaris Direktorat Iklan Publik di India.

loading...