HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

16 Militan ISIS Tewas Dibunuh Pasukan Arab-Kurdi

2

HARIANACEH.co.id – Pasukan gabungan Arab dan Kurdi membunuh sedikitnya 16 militan dari grup ekstremis Islamic State (ISIS) dalam pertempuran sengit di dekat Raqqa, Suriah.

Pada Rabu, ISIS melancarkan serangan terhadap beberapa area yang dikuasai koalisi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di dekat Ain Issa. Serangan menewaskan 21 pejuang Kurdi.

“Lalu pada Sabtu malam, 16 militan tewas dan 19 lainnya terluka dalam bentrokan dengan SDF,” ujar kepala grup pemantau Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel Rahman.

Koalisi SDF terdiri dari Unit Perlindungan Masyarakat Kurdi (YPG) dan pejuang Arab.

Seperti dikutip AFP, Abdel Rahman juga mengatakan SDF berhasil merebut kembali area yang sudah dikuasai ISIS beberapa hari sebelumnya.

Pada 26 Desember, koalisi SDF merebut Bendungan Tishreen dari ISIS dan juga beberapa desa di tepi timur Euprahtes.

Tishreen, yang dikuasai ISIS sejak 2014, menghasilkan energi listrik untuk banyak wilayah di provinsi Aleppo. Perebutan bendungan ini adalah operasi besar kedua koalisi SDF, setelah sebelumnya membebaskan 200 desa dari jeratan ISIS di provinsi Hasakeh.

Menurut Observatory. saat ini ISIS masih menguasai tepi barat Euprahtes, yang memanjang dari Raqqa ke Jarablus, di area yang berbatasan dengan Turki.

Lebih dari 260 ribu orang tewas di Suriah sejak Maret 2011. Konflik berdarah di Suriah dimulai lewat protes damai anti-pemerintah, namun terus memanas dan menjadi perang sipil. ISIS memanfaatkan kekacauan di Suriah untuk memperluas wilayah jajahan mereka.

loading...